BID HUMASSATKER

53 Desa di Kabupaten Parigi moutong Akan Melaksanakan Pilkades

Parigi, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Polres Parigi moutong (Parimo) mempersiapkan 244 personil untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Parimo.

Diketahui, ada 53 desa di Kabupaten Parigi moutong akan melaksanakan Pilkades terdiri dari 96 TPS.

“Perlu diketahui dalam kegiatan Pilkades ini dilaksanakan hanya di 19 kecamatan,” ungkap Kasi Humas Polres Parimo, AKP Jantje Turangan Sabtu, 26 agustus 2023 di ruang kerjanya.

Lanjut dia, ada beberapa rangkaian pola pengamanan di TPS yaitu kategori TPS aman, TPS Sedang, TPS rawan, itu ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan.

Ia menerangkan, jika kemudian ternyata TPS dianggap cukup aman, maka personel yang ditempatkan cukup hanya 1 atau 2 orang di TPS.

“Sementara untuk TPS kategori rawan itu umumnya berada pada tempat-tempat yang sulit terjangkau, itu kita berikan pengamanan ekstra,” tuturnya.

Seperti beberapa TPS hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan bermotor melintasi Sungai dengan medan yang cukup berat jika dimungkinkan akan mendapatkan pengamanan 1 personil 1 TPS.

“Kita juga akan dibantu petugas swakarsa yang sudah disiapkan P2KD,” terangnya.

Bukan hanya melibatkan pihak kepolisian, dalam pengamanan itu TNI juga ikut serta membantu mengamankan serta melakukan upaya antisipasi pada H-3 dan H+3 pencoblosan.

Ia berharap, calon dan pendukungnya masing-masing mematuhi aturan saling menjaga keamanan, dan bersikap legowo jika kalah maupun menang.

“Itu penting diperhatikan demi kebaikan kita bersama,” pungkasnya. (ab)