POLRES BANGGAI

Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Mediasi Permasalahan Rumah Tangga Warganya

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Aiptu Alim Syaifudin melakukan mediasi pemecahan masalah keluarga yang menimpa warganya. Kegiatan problem solving dilaksanakan di Kantor Kelurahan Kaleke, Senin (28/8/2023) pagi.

Dalam melakukan problem solving Bhabinkamtibmas mendengarkan keluhan permasalahan keluarga yang terjadi pada salah satu keluarga binaannya. Dimana terjadi keributan karena isu perselingkuhan.

Dalam melakukan Problem Solving Bhabinkamtibmas merangkul Pemerintah Kelurahan Kaleke Kecamatan Luwuk dan mengundang AS (suami), SA (istri) dan SS (anak) merupakan warga Jalan Sungai Soho RT 8 RW 4 Kaleke.

“Dengan harapan perkara tersebut agar dapat diselesaikan secara kekeluargaan dengan mencari penyebab dan alasan keributan didalam keluarga tersebut,” ujar Alim.

Bhabikamtibmas mengatakan bahwa pada Kamis (24/8/2023) sekitar pukul 12.00 Wita telah terjadi keributan antara Suami Istri dan anaknya, yang mana sang anak SS mengancam bapaknya dengan sebilah pisau karena ketahuan selingkuh.

“AS diduga berselingkuh sejak dua bulan yang lalu. Kemudian ketahuan oleh istri dan anaknya, sehingga terjadilah pertengkaran,” ungkapnya.

Beruntung dilokasi kejadian ada ketua RT yang langsung mencegat adanya aksi yang lebih membahayakan lagi. Kemudian hal ini laporkan kepada Bhabinkmatibmas.

Bhabinkamtibmas yang menerima aduan, selanjutnya membuka kegiatan problem solving memberi pencerahan kepada keluarga tersebut bahwa konflik keluarga dapat mengarah menjadi kekerasan dalam rumah tangga dan berakibat hukum.

Dia menambahkan semua itu dapat dicegah dengan memulai membangun keharmonisan keluarga.

“Dalam mewujudkan keluarga yang rukun harus dengan sikap saling mengasihi antar pasangan hidup,” ujarnya.

Kapolsek Luwuk AKP Beni Lauo menjelaskan bahwa upaya Bhabinkamtibmas dalam melakukan problem solving dengan cara pendekatan kepada warga.

“Dengan tujuan dapat Pemolisian masyarakat berorientasi masalah dengan melibatkan dan berdayakan masyarakat sehingga menemukan efektifitas dalam penyelesaian masalah,” ucapnya.*Humas Polres Banggai