POLRES TOUNA

Kapolsek Una Una Hadiri Dialog Lintas Agama di Wilayah Kepulauan

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolsek Una Una Iptu Maryanto hadiri Dialog Lintas Agama bersama pemuda dan para tokoh agama bertempat di Gedung Balai Pertemuan Umum Desa Wakai Kecamatan Una Una, Kabupaten Touna, Selasa (05/09/23).

Kegiatan yang fasilitasi Ketua Fraksi Nasdem DPRD Touna ini dengan tema “Penerapan moderasi beragama untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di wilayah Kepulauan Kabupaten Touna”.

Hadir dalam kegiatan ini, Camat Una Una Sabrin Abd. Kari,  S.Pd, Camat Batudaka Arman K. Tambilalo, S. Pi, M.A.P, Ketua FKUB Sulteng Prof. KH. Zainal Abidin M.A.G, juga merupakan guru besar UIN Datokarama Palu, Sekretaris FKUB Sulteng Dr. Haji. Munif bodal. M.A.G, Pengurus FKUB Sulteng Salawati, Sagir M. Amin, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Touna Jafar M. Amin, Danramil 1307 06 Una Una diwakili oleh Peltu Sukriadi, Kepala KUA Una Una Hamdan, S.Fil. I, Kasi Trantib  Togean Toni, para Kepala Desa, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan.

Dalam sambutannya, Ketua FKUB Sulteng Prof. KH. Zainal Abidin M.A.G menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya menjalin kerukunan bersama dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat dalam kemajemukan umat beragama di Kabupaten Touna khususnya di wilayah Kepulauan.

“Dalam rangka mewujudkan kerukunan, setiap kita selaku individu harus memahami dan mengamalkan ajaran agama supaya tidak terjadi intoleran dalam hidup beragama, sebab, apabila pemahaman agama yang dangkal akan menimbulkan radikalisme dan menganggap diri paling benar dan menganggap orang lain salah semua,” ucapnya.

“Dilaksanakannya Dialog Lintas Agama sangatlah penting, karena untuk menghindari penggunaan agama sebagai instrumen penyebab konflik atau kekerasan atas nama agama,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Una Una Iptu Maryanto usai menghadiri kegiatan mengatakan dialog antar umat beragama sangat penting dilaksanakan.

“Hal ini untuk menjalin komunikasi lintas agama dan mencarikan solusi apabila ada persoalan terkait dengan agama agar supaya tidak berkembang serta  menjaga keamanan tetap aman dan damai,” ujar Kapolsek.*Humas*