POLRES BANGGAI

Antisipasi terjadinya Bullying, Polsek Pagimana Berikan Penyuluhan di SDN Lobu

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Guna antisipasi terjadinya bullying atau perundungan terhadap anak sekolah, Polsek Pagimana melalui Kasubsektor Lobu IPDA James N. Runtu, SH memberikan penyuluhan kepada siswa, Sabtu (30/9/2023).

Kegiatan ini digelar di SDN Lobu ini, diikuti oleh seluruh siswa dan guru serta perwakilan dari orang tuas siswa lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan buntut dari maraknya aksi perundungan akhir-akhir ini yang viral melalui media social dan program dari Sekolah Penggerak.

Kasubsektor Lobu IPDA James mengatakan, bahwa kekerasan terhadap anak adalah setiap perbuatan yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, psikis, seksual, dan penelantaran.

“Variasi kasus dan pemicu kekerasan terhadap anak diantaranya bullying, kekerasan dalam pengasuhan, kekerasan dilakukan oleh pendidik/tenaga kependidikan berdalih atas nama pendidikan,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa anak yang sering menjadi pelaku kekerasan disebabkan oleh pengaruh pola asuh, pengaruh tontonan bermuatan kekerasan, pengaruh game online bermuatan kekerasan, dan pengaruh tema sebaya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Lobu, Sukri Ibrahim mengucapkan terimakasih kepada Polsek Pagimana serta tamu undangan yang hadir atas meluangkan waktunya untuk kegiatan ini.

“Kami mendukung anti kekerasan pada anak maupun kekerasan yang dilakukan oleh pelajar. Kami mengucapkan terima kasih, ini menjadi wawasan bagi kami untuk mendidik para peserta didik yang lebih baik,” tegasnya.*Humas Polres Banggai