LatestNewsPOLRESPOLRES MOROWALI

Polres Morowali Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Tribratanews, Morowali – Kepolisian Resort (Polres) Morowali Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober 2023 pukul 08.00 Wita.

Upacara tersebut berlangsung di Mako Polres Morowali, Kompleks Perkantoran Funuansingko, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Selaku Inspektur Upacara pada kesempatan ini adalah Kapolres Morowali yang diwakili Kabagren Polres Morowali, Kompol Jos A. Chrismats Lawani, SH.

Upacara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat utama (PJU) Polres Morowali, anggota Polres Morowali, Pejabat dan anggota Batalion C Pelopor Korps Brimob Polda Sulawesi Tengah.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk pengenangan terhadap sejarah perjuangan dalam mempertahankan ideologi bangsa serta penghormatan kepada jasa para Pahlawan Revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September, yang lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI.

Pancasila dipandang sebagai asas dan ideologi yang sakral bagi bangsa Indonesia, di dalamnya terkandung nilai-nilai seperti gotong royong, yang menjadi inti dari semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Susunan upacara Hari Kesaktian Pancasila mencakup beberapa rangkaian kegiatan, antara lain mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara, pembacaan teks Pancasila, pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh petugas upacara, pembacaan naskah ikrar oleh petugas upacara, pembacaan doa dan Andika Bhayangkari.

Kapolres Morowali AKBP Suprianto, SIK., MH melalui Kasi Humas menjelaskan bahwa tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 yakni “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

“Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momen penting dalam menghadapi Pemilu Damai Tahun 2024 untuk memupuk semangat nasionalisme, memperingati sejarah bangsa, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat Indonesia dan berharap agar nilai-nilai Pancasila selalu menjadi panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.