BID HUMASLatestPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Polres Banggai Membahas Kekerasan Seksual Dalam Kampus Dihadapan Mahasiswa LMND Luwuk

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Polres Banggai yang diwakili IPDA Herdison Tamaka, SH, selaku Kanit IV PPA menjadi salah satu Narasumber tentang “Urgensi Peraturan Kekerasan Seksual Dalam Kampus”, bertempat di Kedai Friend Zone, Kompleks Taman Teluk Lalong.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND) Luwuk Banggai ini pada Minggu (1/10/2023) pukul 20.30 Wita.

Hadir pula Dekan Fakultas Hukum Untika Dr. Andi Munafri, SH,MH, Ketua DPD KNPI Banggai Sriwulan Hadjar, Satgas PPKS Untuka Herawati, dan Mahasiswa sekitar 25 orang.

Dalam kesempatan ini, Kanit IV PPA Sat Reskrim Polres Banggai IPDA Herdison Tamaka, mengapresiasi lahirnya UU nomor 12 tahun 2022 tentang tindak pidana kekerasan seksual.

“Kami pernah di undang di Untika Luwuk, menghadiri uji public pembentukan satgas PPKS Untika yang mengacu pada implementasi Permendikbutristek nomor 30 tahun 2001,” ujarnya.

Lanjut Herdison, Polres Banggai mendukung terbentuknya satgas tersebut. Dimana membantu kepolisian memberikan edukasi/sosialisasi guna pencegahan kekerasan seksual dalam lingkungan kampus.

“Dengan adanya UU TPKS diharapkan penyidikan oleh penyidik dapat menjerat siapa saja yang terbukti melakukan perbuatan pidana sebagaimana diatur dalam UU ini,” sebutnya.

Ia juga memaparkan bahwa Polres Banggai, terkait penanganan kekerasan seksual sudah ada yang ditangani dan dalam penyelidikan/penyidikan seperti kasus TPPO, Eksploitasi Anak, Cabul/Persetubuhan Terhadap Anak maupun Kekerasan anak dibawah umur.

“Kurun setahun ini sekitar 25 kasus yang dalam proses lanjuut ditingkatkan ke penyidikan serta sebagian sudah dilimpahkan ke Kejaksaan bahkan ada yang sudah di vonis oleh Hakim,” paparnya.

Adanya inisiatif semacam ini, Polres Banggai terus berperan dalam memberikan edukasi dan membangun kesadaran terhadap isu-isu sosial yang relevan bagi generasi muda,” tukasnya.*Humas Polres Banggai