POLRESPOLRES BUOL

Pimpin Apel Gelar Pasukan Pilkades Serentak 2023, Kapolres Buol : Polres Buol Didukung TNI, Linmas Serta Instansi Terkait Siap Sukseskan Dan Amankan Pilkades Serentak

Jum’at Pagi (13/10/23) sekitar pukul 08.30 WITA berlangsung Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades serentak 2023 diwilayah Kabupaten Buol yang dipimpin langsung Kapolres Buol AKBP Handri Wira Suriyana, S.I.K, M.A.P. selaku pimpinan Apel.

Hadir pada Apel Gelar Pasukan ini diantaranya PJ. Bupati Buol yang diwakili Kadis P3A-PMD, Kepala Pengadilan Negeri Buol, yang mewakili Kajari Buol, Kasat Pol PP Buol dengan peserta apel terdiri dari masing-masing 1 (Satu) peleton TNI AD, Samapta, Lalulintas, Staf Gabungan, Gabungan Reskrim/Narkoba/Intelkam, Satpol PP, BPBD dengan komandan apel Kasat SPKT Ipda Wahid Muharam dan perwira apel Kabag Ren AKP Adri Allow, SH.

Kapolres Buol sebagai pimpinan apel pada kesempatan ini melakukan pemeriksaan pasukan apel didampingi Forkopimda.

Pada apel gelar pasukan ini Kapolres memberikan sambutan terkait kesiapan pelaksanaan Pilkades dengan mencermati pelaksanaan Pilkades dibeberapa daerah di tanah air ada beberapa kelemahan untuk dijadikan acuan, perbaikan dan penyempurnaan Pilkades serentak di Kabupaten Buol seperti :

  1. Kemungkinan adanya dukungan yang bersifat fiktif terhadap calon Kades
  2. Kemungkinan adanya daftar pemilih yang
    Nama serta identitas yang sama yang terdaftar dalam daftar pemilih
  3. Nama pemilih yang sudah meninggal dunia masih mendapat surat panggilan
  4. Nama pemilih yang dipanggil untuk memilih ternyata belum dewasa
  5. Adanya permasalahan pembatasan jumlah pendaftar sebagai calon kades yakni hanya 5 calon
  6. Adanya kampanye hitam (Black Campaign) yang mendiskreditkan kandidat tertentu.

“Selaku Kapolres Buol, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam apel gelar pasukan ini, semoga pengabdian yang diberikan mendapatkan pahala dari Allah SWT, Semoga tuhan yang maha kuasa mengabulkan doa kita bersama, Pilkades serentak Buol dapat berjalan dengan sukses dan aman serta senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada kita sekalian dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara” ucap Kapolres saat memberikan sambutan.

“Untuk menunjang pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak tahun 2023, Polres Buol mengerahkan puluhan Personel untuk mengamankan tahap Kampanye, masa tenang dan pungut suara di 15 TPS pada tanggal 24 Oktober di 14 Desa yang tersebar di 8 Kecamatan Sekabupaten Buol” tambah Kasihumas Ipda Ridwan, S. IP.