LatestNewsPOLRES BANGGAI

TNI-Polri Amankan Aksi Damai Dewan Adat Luwuk Timur

Banggai – Subsektor Luwuk Timur Polsek Luwuk Polres Banggai, melakukan pengamanan terhadap aksi damai Dewan Adat Kecamatan Luwuk Timur terkait lahan pertanian yang dikuasai PT. Kurnia Luwuk Sejati.

Pengamanan tersebut melibatkan personel dari Subsektor Luwuk Timur, dengan dukungan unsur TNI yang dipimpin oleh Kasubsektor IPTU Muryanto.

Unjuk rasa tersebut, berlangsung di Kantor Camat Luwuk Timur tepatnya Desa Honduhon, pada Selasa (31/10/2023) pukul 16.30 Wita.

Dalam kesempatan itu, telah dilaksanakan pertemuan dan musyawarah antara pihak pemerintahan Kecamatan Luwuk Timur dengan perwakilan Dewan Adat Luwuk Timur, Burhanudin Mang.

Pertemuan tersebut dilakukan juga terkait tuntutan dari masa aksi terkait pembalakan liar dihutan lindung dan cagar alam di Desa Salodik dan Desa Lenyek di Kecamatan Luwuk Utara serta terkait hutan konservasi suaka alam margasatwa Bangkiriang di Kecamatan Batui Selatan.

Kasubsektor Luwuk Timur Polsek Luwuk IPTU Muryanto, menyampaikan bahwa kegiatan pengamanan unjuk rasa ini dilakukan untuk memastikan jalannya unjuk rasa berjalan aman, tertib, dan damai sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami siap menjaga keamanan dan memastikan situasi tetap kondusif selama unjuk rasa berlangsung. Mari kita lakukan dialog terbuka dan konstruktif untuk mencari solusi terbaik dalam masalah ini,” ujarnya.

Diharapkan, melalui dialog dan musyawarah, dapat ditemukan solusi yang memuaskan bagi semua pihak. Hal ini diharapkan dapat menciptakan keadaan yang harmonis dan kondusif di masyarakat.

Kegiatan berakhir pukul 17.30 Wita, dengan hasil mengagendakan pertemuan lanjutan dengan mengundang pihak terkait sehubungan dengan tuntutan dari Dewan Adat Luwuk Timur.*Humas Polres Banggai