BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Tatap Muka di Polres Poso, Kapolda Sulteng Ingatkan Netralitas, Asta Siap dan Empat Jaga

Tribratanews, Poso – Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Polisi Dr. Agus Nugroho, SIK, SH, MH mengingatkan Asta Siap dan Empat Jaga didalam pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024. Hal itu disampaikannya saat melakukan tatap muka dengan jajaran Polres Poso, Jumat (10/11/2023)

“Secara umum Pemilu merupakan salah satu pilar utama dari proses akumulasi kehendak masyarakat sekaligus merupakan proses demokrasi untuk memilih pemimpin, “ kata Kapolda Sulteng di Aula Andi Sappa Polres Poso.

Masih kata Irjen Agus Nugroho, didalam Undang Undang Nomor 7 tahun 2017, Pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden dan wakil Presiden, DPRD dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Lanjut kata Agus Nugroho, berbagai potensi kerawanan dapat terjadi dalam setiap tahapan pemilu berupa tindak pidana pemilu, termasuk tindak pidana umum bisa terjadi, yang harus kita kelola dan tangani secara profesional, transparan dan akuntabel,

Kapolda menekankan, jelang Pemilu agar mempersiapkan Asta Siap yaitu, Siap Pilun, Siap Posko, Siap Latpra Ops, Siap Kondisi Kamtibmas, Siap Masyarakat, Siap Personel, Siap Sarpras, serta Siap Anggaran,

Agus mengingatkan, menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 secara serentak, pentingnya soliditas dan sinergitas antara TNI Polri untuk mengamankan pesta demokrasi. Jaga netralitas Polri, pintanya

Diakhir arahannya, Kapoda Sulteng meminta seluruh jajaran Polres Poso untuk Jaga Diri, Jaga Keluarga, Jaga Hubungan baik dengan masyarakat dan stakeholder serta Jaga nama baik Institusi Polri, tutupnya.

Dalam kunjungan kerja di Polres Poso, Kapolda Sulteng didampingi Ketua Daerah Bhayangkari Sulteng Fera Agus Nugroho, Dirlantas, Dirreskrimum, Dirresnarkoba, Dirsamapta dan Kabidhumas Polda Sulteng. (fn)