BID HUMASSATKER

Karo Ops Polda Sulteng : Pelaksanaan Tugas Operasi Perlu Menyesuaikan Dengan Perkembangan Teknologi

Banggai, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah mengecek kesiapan pengamanan pemilu Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024 di Polres Banggai guna menyukseskan pemilu di daerah setempat.

“Tim Supervisi Operasi Mantap Brata ingin mengetahui dari dekat kesiapan Polres dalam pelaksanaan operasi kepolisian terpusat khususnya tahap pendaftaran dan penetapan pasangan calon Capres dan Cawapres Pemilu 2024,” kata Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Sulteng Kombes Pol. Ferdinan Maksi Pasule pada saat melakukan supervisi di Polres Banggai, Kabupaten Banggai, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa supervisi dilakukan untuk mengecek kesiapan Polres jajaran, dan memberikan pembekalan dan penguatan aspek administrasi operasi, penggunaan anggaran, pelibatan personel, serta pelaksanaan kegiatan pengamanan.

Menurut dia, pelaksanaan tugas operasi perlu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi 4.0 saat ini sehingga setiap personel diharapkan dapat beradaptasi dengan mengikuti perkembangan kecanggihan teknologi era sekarang.

“Pelaksanaan tugas harus on the track, sesuai aturan dan memahami apa yang baik dan tidak baik untuk dilakukan,” katanya.

Selain itu, dia meminta kepada jajaran Polres Banggai untuk mempersiapkan Asta Siap, seperti posko dan sarana prasarana pendukung lainnya.

Ferdinan juga mengingatkan agar personel tidak memiliki duplikasi penugasan, serta pemotongan anggaran bagi honor personel kepolisian.

“Jika ditemukan akan ada sangsi tegas dari pimpinan,” katanya.

Menurut dia, pengalaman pada giat pengamanan Pemilu tahun 2019 yang lalu perlu untuk dijadikan referensi sebagai antisipasi dan perbaikan, diantaranya terdapat kasus pemungutan suara ulang (PSU), dan adanya permasalahan dalam pendistribusian logistik pemilu.

“Oleh karena itu, kami meminta kepada Polres jajaran agar melakukan pengawasan melekat terhadap anggota dan mengupayakan setiap saat untuk memberikan arahan, terutama kaitan netralitas Polri dan ASN serta keluarga, jalin komunikasi dan kemitraan dalam rangka sinergisitas dengan TNI,” kata Ferdinand.

Selanjutnya, Tim Supervisi Polda Sulteng juga akan mengunjungi Polres Banggai Kepulauan dan Polres Tojo Una-una. (ab)