BID HUMASSATKER

Kapolda Sulteng : Berbagai Potensi Kerawanan Dapat Terjadi Dalam Setiap Tahapan Pemilu

Poso, tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah Irjen Pol. Agus Nugroho mengecek persiapan pengamanan Pemilu 2024 di Polres Poso untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu aman, lancar,  dan damai di daerah itu.

“Berbagai potensi kerawanan dapat terjadi dalam setiap tahapan pemilu berupa tindak pidana pemilu, termasuk tindak pidana umum bisa terjadi sehingga harus dikelola dan tangani secara profesional, transparan, dan akuntabel,” kata Kapolda Sulteng saat melakukan kunjungan kerja di Polres Poso, Kabupaten Poso, Sabtu.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi segala potensi kerawanan yang mungkin terjadi, polres jajaran harus mempersiapkan langkah pengamanan pemilu dengan baik sehingga pesta demokrasi lima tahun sekali dapat berjalan dengan aman, damai, dan lancar.

Menurut Agus, pemilu merupakan salah satu pilar utama dari proses akumulasi kehendak masyarakat sekaligus merupakan proses demokrasi untuk memilih pemimpin yang menjadi agenda penting bagi bangsa.

Oleh karena itu, katanya, untuk menyukseskan pemilu pihaknya meminta jajaran Polres Poso agar mempersiapkan “Asta Siap”, yakni, Siap Pilun, Siap Posko, Siap Latpra Ops, Siap Kondisi Kamtibmas, Siap Masyarakat, Siap Personel, Siap Sarpras, dan Siap Anggaran.

Ia meminta agar Satuan Tugas Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024 Polres Poso dapat menciptakan dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam menghadapi pemilu di daerah itu.

“Dalam menghadapi pemilu secara serentak, saya mengingatkan pentingnya soliditas dan sinergi antara TNI-Polri untuk mengamankan pesta demokrasi. Jaga netralitas Polri,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sulteng meminta seluruh jajaran Polres Poso untuk menjaga diri, menjaga keluarga, hubungan baik dengan masyarakat, dan stakeholder atau pemangku kepentingan terkait serta nama baik institusi Polri. (ab)