LatestNewsPOLRES BANGGAI

Bangun Kualitas Pelayanan Publik, Polres Banggai Gelar FPK

Banggai – Polres Banggai menggelar kegiatan Forum Konsultasi Publik (FPK) di Aula Rupatama, Mapolres Banggai, Senin (20/11/2023) pagi.

FKP ini mengambil tema “Membangun Kualitas Pelayanan Publik Berdasarkan Tindak Lanjut Survey Kepuasan Masyarakat (SKM).

Kegiatan yang dibuka Kapolres Banggai AKBP Ade Nuramdani SH, SIK, MM, diawakili Kabag Ops Kompol Pino Ary SH, SIK, MH, ini turut dihadiri Kabag Ren AKP Maikun, para pejabat utama, perwira dan anggota Polres Banggai.

Selain itu, kegiatan itu pula dihadiri dari pihak eksternal seperti, Akademisi, wartawan, LSM, KPPN, Dinas Perizinan Kabupaten Banggai serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Kabag Ops mengatakan, untuk percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik diperlukan peran serta penyelenggara pelayanan publik dan masyarakat selaku penerima pelayanan.

“Peran serta penyelenggara pelayanan dan masyarakat penerima pelayanan dapat diwujudkan dalam bentuk forum konsultasi publik,” ucapnya saat membacakan sambutan Karorena Polda Sulteng Kombes Pol Didik Mindarto SH.

Pino menjelaskan, FPK merupakan kegiatan dialog, diskusi pertukaran opini secara partisisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan masyarakat sebagaimana yang tertuang dalam Permenpan RB Nomor 16 tahun 2017 tentang pedoman penyelenggaran forum konsultasi publik di lingkungan unit penyelenggara pelayanan publik.

“Secara umum bermanfaat untuk menyelaraskan kemampuan penyelenggara layanan dengan harapan publik, atau meminimalisir dampak kebijakan yang merugikan publik,” jelasnya.

Perwira pangkat satu melati ini, mengatakan, untuk diketahui bahwa dalam menilai indek kualitas pelayanan publik polri menyelenggarakan esurvey Epzi dengan sasaran setiap orang yang menerima layanan kepolisian.

“Berdasarkan data pada aplikasi epzi bahwa terhitung tanggal 1 januari 2023 s/d 31 oktober 2023 terdata 15.707 orang penerima layanan polri memberikan persepsinya terhadap layanan yang
Diterima,” kata Pino.

Dikahir sambutan, dirinya berharap, kiranya peserta baik penyelenggara layanan dan peserta eksternal lainnya dapat membantu memberikan masukan dalam merumuskan tindak lanjut terhadap hasil survey kepuasan mayarakat penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Polda Sulteng.

“Juga dapat kiranya untuk mensosialisasikan hasil survey kepuasan masyarakat berserta tindak lanjutnya sebagai upaya pengawasan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan Polri yang presisi,” harapnya.*Humas Polres Banggai