POLRESPOLRES BANGGAI

Polsek Toili Hadiri Panen Raya Kedelai di Desa Sindang Baru

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Polsek Toili yang diwakili Kanit Binmas IPTU I Gusti Deni Ambara menghadiri kegiatan panen raya Kedelai di Lahan Perkebunan Desa Sindang Baru, Kecamatan Toili, Kabupan Banggai, Minggu (10/12/2023).

Hadir dalam kegiatan ini yakni, Bupati Banggai, Kabid Tanaman Pangan Provinsi Sulteng, Ketua Suspansi Kedelai, Kadis TPHP, Danramil 1308-14, sejumlah OPD terkait, Forkopimcam bersama para petani kedelai.

Dalam sambutannya, Kabid Tanaman Pangan Provinsi Sulteng mengatakan, bahwa di Desa Sindang Baru telah melaksanakan Program IP3 dari Dinas TPHP Kabupaten Banggai dan saat ini merupakan proses panen.

“Banggai merupakan Kabupaten dengan lahan terluas di Sulteng untuk pengembangan kedelai,” ucapnya.

Ia berharap kedepan kita bisa meningkatkan kwalitas dan kuantitas sehingga masyarakat dapat membantu program pemerintah.

“Kabupaten Banggai juga merai juara pertama tingkat Indonesia Timur dalam pengembangan kedelai,” katanya.

Sementara itu, Ketua Suspansi Kedelai dalam sambutannya mengatakan, tujuan panen raya kedelai ini adalah untuk meningkatan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.

“Panen raya Kedelai ini merupakan satu bentuk syukur para petani dan mendukung program pemerintah,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Banggai mengatakan, bahwa Desa Sindang Baru sebagai Desa percontohan Program Tanaman Padi-Padi-Palawija berhasil.

“Untuk bantuan BUMDES Desa Sindang Baru, tahun ini akan ditambah dana Rp 100 Juta untuk mengembangkan kedelai,” katanya.

Selanjutnya, dilakukan panen raya anen dan simulasi perontokan kedelai dengan mesin perontok (Combain) serta penyerahan bantuan benih padi, benih kedelai, UPH kedelai dan paket pendukung kedelai.*Humas Polres Banggai