LatestNewsPOLRES BANGGAI

Kapolsek Batui Pimpin Pengamanan Aksi Damai Warga di PT. Sawindo Cemerlang

Banggai – TNI-Polri melakukan pengamanan aksi damai yang dilaksanakan sekitar 35 warga yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Peduli petani Sawit, Kamis (21/12/2023) pukul 08.30 Wita.

Dalam pengamanan ini melibatkan personel gabungan yang terdiri dari Polsek Batui dan Koramil 1308-03, yang di pimpin Kapolsek Batui AKP Sudirman di depan pintu masuk PT. Sawindo Cemerlang di Desa Sukamaju I Kecamatan Batui Selatan, Banggai.

Aksi damai dari tersebut, massa aksi menuntut perusahaan mencabut kasus hukum yang menimpa warga Desa Ondo-ondolu dan memberikan data yang tumpeng tindih terkait lahan masyarakat.

“Hal ini dikarenakan lahan sawit masyarakat yang dikelola PT. Sawindo selama 11 tahun namun hingga saat ini tidak ada pembagian hasilnya,” sebut AKP Sudirman.

Dikesempatan tersebut Kapolsek Batui melakukan penggalangan, sehingga masa aksi bersedia dipertemukan dengan dengan pihak perusahaan.

Hadir dalam pertemuan tersebut PT. Sawindo, mewakili Danramil Serma Apriyanto, Kades dan BPD Ondo-ondolu, dan 4 orang perwakilan masa.

Adapun hasil hasil dialogh diperoleh kesepakatan:

  1. Terkait kasus hukum, akan dibahas kembali bersama pimpinan perusahaan.
  2. Untuk pinjam pakai kendaraan, pihak perusahaan akan mengkomunikasikannya dengan pihak kepolisian sampai pada Sabtu 23 Desember 2023.
  3. Perusahaan akan memberikan data tumpang tindih lahan kepada masyarakat.

“Kami disini sebagai penegah agar permasalahan ini cepat selesai dan tidak memihak pada salah satu pihak ,” ujar Kapolsek Batui.

“Saya harap apa yang menjadi kesepakatan/hasil pada pertemuan ini agar menjadi pegangan dan direalisasikan,’’ tutup Sudirman.*Humas Polres Banggai