BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Polres Banggai Ikuti MOU Kementrian Pertanian dan Polri Via Daring

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepala Kepolisian Resor Banggai AKBP Ade Nuramdani diwakili Kabagops Kompol Esti Prasetyo Hadi mengikuti secara daring penandatanganan naskah kesepahaman dan penyerahan Polri dengan Kementerian Pertanian RI di Aula Rupatama, Kamis (25/4/2024).

Dalam giat tersebut, juga dihadiri oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Banggai Ir. Abdullah Ali, M.Si, Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Banggai Drs. Subhan Lanusi, dan para PJU Polres Banggai.

Didalam rangkaian acara diawali penanyangan video, dilanjutkan penandatanganan naskah kesepahaman dan penyerahan cendera mata.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP menyampaikan terkait kondisi dunia sekarang ini krisis 56 negara mengalami kelaparan serius dan saat ini 900 juta penduduk dunia kelaparan dan di Indonesia terjadi resensi 7-16% penduduk Indonesia rentan kelaparan.

“Kondisi pupuk pada tahun 2024 berjumlah 4,73 juta ton. Dampak yang akibat tekanan El Nino per bulan April 2015-2019 (1.375.389) dan dari tahun 2023-2024. Kondisi per 23 April 2024 (665.204) selisih (-710.185) turun 29%.

Sedangkan Kapolri Jendral Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si menyampaikan bahwa saat ini krisis sedang terjadi terkait dengan Satgas Pangan telah setiap hari melaksanakan pelaporan dan dampak dari El Nino kondisi didalam Negeri terkait dengan ketahanan pangan.

“Dari pihak Kepolisian akan fokus terkait dengan masalah hukum, serta terkait dengan ketahanan pangan, kami memiliki personil yang dapat dipergunakan seperti Bhabinkamtibmas,” ujarnya.

Menurut Kapolri saat ini dibutuhkan kebersamaan untuk menyamakan persepsi menghadapi krisis pangan diakibatkan salah satunya badai El Nino dengan satu komando mulai dari hulu sampai ke hilir,” tutupnya.*HumasPolresBanggai