BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Cegah Banjir dan Wabah DBD, Polisi Bersama Instansi terkait Bersihkan Sungai Jole

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Personel dari berbagai instansi terkait, pelajar dan mahasiswa melakukan kerja bakti membersihkan bantaran sungai dari sampah di Kelurahan Jole, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai. Kegiatan tersebut dalam upaya mencegah banjir dan wabah DBD.

Unsur yang terlibat anggota Polsek Luwuk, Koramil 1308-01 LB, Pemerintah Kelurahan Jole, Satpol PP, Mahasiswa UIN Palu dan Pelajar SMKN 1 Luwuk.

Plt Kapolsek Luwuk, AKP Steven Lewaherilla mengatakan, karya bakti tersebut, sebagai upaya mencegah terjadinya banjir karena tersumbat sampah dan sarang nyamuk.

“Kami kerahkan anggota bekerja sama dengan instansi terkait dan masyarakat untuk fokus mengurangi bencana banjir. Utamanya dengan membersihkan sampah di sungai Jole,” katanya, Senin (29/4/2024) pagi.

Menurutnya, nyamuk semakin mudah menemukan genangan air yang menjadi tempat ideal bagi mereka untuk bertelur dan memperbanyak populasinya.

“Hal ini perlu diwaspadai, karena nyamuk adalah serangga pembawa beragam penyakit mematikan, salah satunya demam berdarah,” tambahnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat sekitar badan sungai agar tidak membuat bangunan liar yang menyebabkan penyempitan aliran sungai sehingga berpotensi banjir.

“Dengan semua upaya kerja keras Polri yang dilakukan hari ini, mudah-mudahan dapat memberi manfaat kepada warga,” tutupnya.*HumasPolresBanggai