BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Kapolsek Batui dan Forkopimcam Berhasil Bernegosiasi Terkait Penahanan Mobil CPO PT. Sawindo

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolsek Batui AKP Sudirman bersama Forkopimcam, melakukan penggalangan di Desa Lamo Kecamatan Batui, Banggai, pada Minggu (28/4/2024) malam.

Mediasi ini terkait adanya penahanan kendaraan pengangkut CPO milik PT. Sawindo, oleh Aliansi masyarakat Peduli Petani Sawit dan aktivis Daulat Anak Negeri (DAN).

Kapolsek menjelaskan penahanan tersebut dimulai sejak pukul 16.00 Wita. Mobil yang ditahan berjumlah 10 unit yang kemudian diparkir di depan Gudang pupuk Desa Lamo, Batui.

“Menurut Koordinator aksi yaitu Sugiyanto, bahwa hal ini merupakan imbas dari PT. Sawindo yang belum membayar lahan sawit seluas 12 Ha milik masyarakat yang telah dikeluarkan SPK dan SPHU oleh perusahaan,” sebut Sudirman.

Sekitar pukul 18.40 Wita, Kapolsek Batui bersama Forkopimcam menggelar pertemuan antara pihak perusahaan dan massa aksi. Dengan kesimpulan akhir bahwa massa akan menarik diri akan tetapi PT. Sawindo tidak melakukan pengapalan sampai ada keputusan.

Setelah kegiatan negosiasi selesai, penahanan 10 kendaraan pengangkut CPO dilepas kembali, situasi aman dan kondusif.

“Setelah dilakukan penggalangan dan koordinasi akhirnya mempersilahkan mobil CPO jalan. Aktivitas normal kembali,” pungkas Kapolsek.*HumasPolresBanggai