BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Asap Keluar dari Tiang Listrik di Desa Ombolu, Batui Selatan, Polisi Gercep ke TKP

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Adanya kepulan asap yang keluar dari bawah tanah disekitaran tempat berdirinya tiang listrik akibat adanya aliran listrik di tiang itu.

Hal ini diketahui personil Polsek Batui saat menyikapi postingan di Facebook melalui akun atas nama Rahma Rualemba, terkait temuan air mendidih yang mengeluarkan asap bertempat di Desa Ombolu SPC Kecamatan Batui Selatan, Banggai, Senin, (6/5/2024).

Sekira jam 15.00 Wita, Kapolsek Batui, AKP Sudirman bersama anggotanya langsung bergerak untuk mengecek dan melihat langsung kondisi tersebut.

“Saat kami tiba sudah ada petugas PLN yang memutus aliran kabel instalasi lampu jalan dari kabel tegangan rendah,” kata Kapolsek.

Saat dilakukan pengecekan lanjut Sudirman bahwa ternyata kabel instalasi lampu jalan di Desa Ombolu tidak standar yakni menggunakan kabel pengeboran. Sehingga terjadi konsleting listrik dari lampu jalan yang disambungkan langsung ke kabel tegangan rendah.

“Hal tersebut yang mengakibatkan genangan air disekitar tiang listrik mendidih dan mengeluarkan asap,” ungkapnya.

Oleh petugas, petugas PLN, kabel itu dilepas sehingga asap tidak lagi keluar dari bawah tanah. Petugas menyatakan tidak lagi berbahaya karena sudah tidak ada arus.

Menurut Kapolsek Batui bahwa sebelumnya tidak ada konfirmasi pemerintah desa setempat kepada pihak PLN terkait pemasangan lampu penerangan jalan.

“Kami menghimbau kepada pemerintah desa dan warga agar saat melakukan instalasi penerangan jalan dapat mengambil langsung aliran kabel induk PLN dan melakukan koordinasi, guna menghindari kejadian fatal yang mengakibatkan kerugian atau korban jiwa,” pintanya.*HumasPolresBangga