POLRESPOLRES SIGI

Bersatukan Bangsa Indonesia Dalam Bingkai Keberanekaragaman ucap Waka Polres Sigi Saat Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda 

Sigi, – Jumat, (28/10/2022) pukul 08.00 Wita. Bertempat di lapangan apel Mako Polres Sigi telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 yang di pimpin Wakapolres Sigi Kompol Kiky Khristina, S.Sos.,M.H.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 kali ini, mengusung tema “BERSATU BANGUN BANGSA” yang dihadiri dan diikuti para Kabag, para Kasat, sedangkan Pasukan Upacara terdiri dari, Satu Peleton Perwira Polres Sigi, Satu Peleton Anggota Bhabinkamtibmas, Satu Peleton Gabungan Anggata Staf, Satu Peleton gabungan anggota Sat Reskrim, Intel, Sat Narkoba.

Pada pelaksanaan Upacara diawali Pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan mengheningkan Cipta, pembacaan teks Pancasila oleh Irup, kemudian pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928 serta dikumandangkan lagu Satu Nusa Satu bangsa dan lagu Bangun Pemuda, selanjutnya Amanat disampaikan IRUP (Waka Polres).

Waka Polres selaku Inspektur Upacara, membacakan serta menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pada intinya, “Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME yang telah memberi limpahan rahmat dan karunianya sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat melaksanakan Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 Tahun 2022”.

Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun ini mengambil tema “BERSATU BANGUN BANGSA”, tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa dan juga upaya kita menghadirkan sejarah Bangsa masa lalu untuk kita renungkan, kita pelajari, dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju Visi bangsa yang besar “ucap Waka Polres Sigi”

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Lebih lanjut Waka Polres mengatakan, Peringatan hari Sumpah Pemuda ini memiliki makna Bersatukan Bangsa Indonesia Dalam Bingkai Keberanekaragaman serta memiliki arti penting karena ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini adalah Bersatu Bangun Bangsa, Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia dan inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa.

Pemuda adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya, Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting pembangunan Bangsa tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan  Bangsa sepanjang masa. Tegas Waka Polres.

Kita patut bersyukur, pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi diberbagai bidang yang membanggakan, hal ini menjadi modal membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang.

Juga disinggung bermula dari titik nol pembangunan Ibu Kota Nusantara, mengajak seluruh elemen Bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bersama bergerak mendorong pemuda Indonesia mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa, Semoga Tuhan yang maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan Bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia, tutup Waka Polres Sigi.

[Humas Polres Sigi]