BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

50 Tahun Transmigrasi Kota Raya, Keamanan Terus Terjamin

Parimo, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Senin 12/12/22. Program pemerintah perihal transmigrasi ternyata sangat berdampak bagi wilayah yang dijadikan lokasi pemukiman.

Para transmigran yang rata rata dari wilayah padat penduduk seperti pulau Jawa dan Pulau Bali di datangkan di wilayah wilayah yang masih jarang penduduknya untuk tujuan pemerataan kesejahteraan.

Mereka sudah sangat kesulitan di daerah asalnya karena lahan yang semakin sempit, sehingga mereka secara maksimal mengelola lahan yang disediakan bermodalkan kemauan, tenaga dan pengetahuan pertanian.

Salah satu lokasi Transmigrasi yang berada di Sulawesi Tengah tepatnya di Kota Raya kecamatan Mepanga kabupaten Parimo hari ini 12/12/22 genap 50 tahun mereka berdomisili di pemukiman transmigrasi.

Kemajuan yang luar biasa di tempat tersebut, yang dulunya hutan belantara saat ini telah menjadi pemukiman ramai dan hasil pertanianya sangat memuaskan.

Dalam peringatan tersebut Wadir Binmas Polda Sulteng turut hadir mewakili kapolda Sulteng. Peringatan begitu hidmat dan ramai dikunjungi warga. Sekjen Transmigrasi juga turut hadir serta para pimpinan daerah.

Kondisi haru tampak pada raut wajah para sesepuh yang langsung di datangkan dari wilayah padat. Mereka adalah para pelopor yang didatangkan tepatnya tahun 1972.

Yang menarik di wilayah tersebut adalah masyarakat begitu erat kekeluargaanya, sehingga gangguan kamtibmas sangat rendah.

Tingkat gangguan kamtibmas rendah tentu saja akibat dari kenutuhan hidup terpenuhi, mengingat warga Kota Raya rata rata sudah hidup mapan dan sejahtera. (KR)