BID HUMASSATKER

Polres Poso Menggelar Rapat Koordinasi Pam Swakarsa Dalam Rangka Giat Imbangan Ops Madago Raya 2023

tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepolisian Resor Poso Menggelar Rapat Koordinas Pemantapan Pengamanan  Swakarsa dalam rangka Kegiatan Imbangan Operasi Madago Raya 2023 di Kabupaten Poso.Selasa,10/01/23.

Bertempat di aula andi sapa Sudirman Polres Poso,Rapat dipimpin oleh Kapolres Poso AKBP Rentrix Ryaldi Yusuf,S.I.K didampingi Dandim 1307/Poso Letkol.Inf Asroel Tamin,SH.

Hadir dalam Kegiatan Rapat Koordinasi tersebut Camat Poso Pesisir Bersaudara dan Camat Poso Kota Bersaudara,Camat Lage beserta Kapolsek Poso Pesisir Bersaudara dan Kapolsek Poso Kota dan Kapolsek Lage serta Danramil Poso Pesisir Bersaudara dan Danramil Poso Kota Lage.

Tak lupa pula dari Kesbangpol yang diwakili oleh Sekertaris  Leonard Michael Neloh,S.STP.,M.Si dan Kepala Dinas Pemerintahan Desa yang diwakili oleh Sekertaris  Iwan Bemta,S.Sos, Waka Polres Poso Kompol Basrum Sychbutuh,SH Para PJU Polres Poso dan Para Kanit Binmas Polsek Poso Pesisir bersaudara dan Kanit binmas Polsek Poso Kota dan Lage.

Kapolres Poso saat membuka Rapat Menjelaskan Kepada para peserta rapat bahwa Kegiatan ini sudah dilaksanakan pada tahun 2022 untuk itu  pada tahun 2023 kita mantapkan lagi yang bertujuan untuk mengajak kepada masyarakat menjaga lingkungannya sendiri.

Ada beberapa aspek kehidupan masyarakat salah satunya adalah bagaimana partisipasi masyarakat itu sendiri untuk mau dan sadar sebagaimana masyarakat perkotaan yang lain yang sudah memang merasa aman untuk ikut andil menjaga dirinya sendiri, yang selama ini sudah puluhan tahun, itu lebih banyak berharap kepada TNI-Polri terutama daerah-daerah Operasi selama ini ada pos-pos TNI,Pos Polri dan hasil evaluasi kami dimana beberapa bulan lalu dari beberapa tempat yang kami cek masih ada yang tidak mau ditinggal, jangan sampai ada pos masih membutuhkan pos karena masih ada kekhawatiran.Ucapnya.

Namun berangsur-angsur keberadaan pos terutama personilnya dan peranserta Muspika serta 3 pilar di desa,bisa pelan-pelan meyakinkan kepada masyarakat untuk Pos-pos TNI-Polri ini di kurangi, untuk ditempat-tempat tertentu masih ada namun sebagian besar Posnya sudah tidak ada, dalam arti sudah kita serahkan ke masyarakat,seperti wilayah lain yang tidak ada pos, yang ada hanya pos dishub,pos pertanian,Pos lantas, sehingga diharapkan peranserta masyarakat.Papar Kapolres.

Sementara Dandim 1307/Poso Letkol Inf.Asroel Tamin,SH mengatakan bahwa Operasi Madago Raya tahun 2022 para DPO sudah tidak ada namun pada tahun 2023 Operasi Madago Raya akan dilanjutkan lebih mengedepankan pendekatan kepada masyarakat, fokus pada pemulihan dan deradikalisasi, Operasi Madago Raya diperluas menjadi 4 Kabupaten,Poso,Parigi,Sigi dan Touna, keamanan bukan hanya tugas dan tanggung jawab TNI dan Polri namun Keamanan melibatkan semua pihak.Pungkasnya

Pam Swakarsa mengajak kepada masyarakat secara mandiri menjaga diri sendiri dan lingkungannya,perlunya koordinasi antara pemda,TNI dan Polri,harapannya dengan rapat ini akan ada suatu i’tikad baik atau kesapahaman menuju Kabupaten Poso yang lebih maju dan lebih makmur.Ucap Dandim.

Kepala Kesbangpol Pemda Poso melalui Sekertaris Kesbangpol Leonard Michael Neloh,S.STP.,M.Si mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan pemantapan Pam Swakarsa dalam rangka giat imbangan Operasi Madago Raya 2023. Pemaparan tentang Pam Swakarsa oleh Kasat Binmas Polres Poso Iptu Faizyal Kadir,SH dan dilanjutkan dengan diskusi dan berbagi pengalaman oleh Para Camat, mewakili Kepala Kesbangpol dan mewakili Kepala Dinas Pemerintahan Desa serta pembulatan dan persamaan presepsi oleh Kapolres Poso AKBP Rentrix Ryaldi Yusuf,S.I.K dan Dandim 1307/Poso Letkol Inf.Asroel Tamin,SH. (ab)