POLRES BANGGAI

Ngobras Dengan Jurnalis, Kapolres Banggai Nyatakan Perang Terhadap Narkoba

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolres Banggai AKBP Ade Nuramdani SH, SIK, MM, menggelar Ngobrol Santai (Ngobras) dengan para wartawan di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sabtu (04/02/2023).

Ngobras yang digelar pada salah satu warkop kawasan Bukit Halimun Kecamatan Luwuk Selatan ini membahas beragam hal, salah satunya pemberantasan peredaran narkoba.

Dalam menjabat Kapolres Banggai yang belum lama bertugas ini tindak pidana penyalahgunaan narkoba bukan hal yang baru bagi Ade Nuramdani.

Sebab, saat menjadi Kapolres Morowali Utara (Morut) perwira pangkat dua melati ini sangat proaktif dalam meminimalisir peredaran narkoba.

Tak hanya masyarakat, dirinya juga tidak akan tebang pilih meskipun dalam lingkup internalnya sendiri.

“Karena terbkti bersalah empat personel Polres Morut di PTDH,” terangnya.

Dirinya pun mengakui bahwa dalam memberantas peredaran narkoba tak semudah membalikkan telapak tangan.

“Untuk itu kami mohon bantuan dari seluruh lapisan masyarakat dan rekan-rekan media agar melaporkan apabila mengetahui adanya peredaran barang terlarang ini,” sebutnya.

Sebagai langkah awal, kata Ade Nuramdani, dalam memberantas peredaran narkoba pihaknya akan fokus pada internal institusinya.

“Jadi sebelum keluar, saya akan melakukan bersih-bersih dari dalam dulu,” ucapnya.

Bahkan, lanjutnya dirinya berencana akan melaksanakan tes urine kepada seluruh anggotanya hingga ke Polsek jajaran.

“Saya akan lakukan tes urine untuk personil,” imbuh orang nomor satu di Polres Banggai ini.

Lebih lanjut, Ade Nuramdani menjelaskan, apabila nanti ada yang personelnya yang terbukti menjadi backing penyalahgunaan narkoba pasti ditindak tegas.

“Ketimbang menjadi bumerang bagi institusi kepolisian, lebih baik 1 atau 2 orang yang kami pecat,” pungkasnya.*

Akses Masuk Narkoba

Pertanyaan wartawan terkait akses masuk barang haram itu ke Luwuk Kabupaten Banggai mendapat respon serius Kapolres Banggai.

Setelah berkoordinasi dengan Polda Sulteng, rencananya Polres Banggai akan memiliki Pos Polairud, yang personilnya berasal dari Polres Banggai.

Bagi Ade Nuramdani konsep ini cukup efektif dalam mencegah akses masuknya kasus narkoba ke Luwuk Kabupaten Banggai.

Giat lain yang akan ia lakukan adalah menggelar razia pada sejumlah tempat yang dianggap rentan terjadinya transaksi narkoba.

Termasuk tekan Kapolres akan melaksanakan Inspeksi mendadak (Sidak) di Lapas Luwuk.

“Untuk sidak di Lapas, tentu harus berkoordinasi dengan unsur Forkopimda dan Kalapas,” kata Kapolres Banggai.

Soal rencana Kabupaten Banggai segera memiliki Badan Narkotika Kabupaten (BNK), mendapat sambutan hangat dari Ade Nuramdani.

Harapan dia, dengan adanya BNK Banggai, maka pihaknya akan sangat terbantu dalam memerangi narkoba.*Humas Polres Banggai