BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Palu tanahnya sangat subur, Ayo manfaatkan lahan

Tribratanews, Palu – Selasa 14/02/23. Masing ingat sepenggal bait lagu dari legendaris musik Indonesia Kus Plus “Bukan lautan hanya kolam susu, Kail dan jala cukup menghidupimu Tiada badai tiada topan kau temui, Ikan dan udang menghampiri dirimu, Orang bilang tanah kita tanah surga Tongkat kayu dan batu jadi tanaman “. Lagu tersebut menggambarkan betapa subur tanah air kita, sungguh ironis apabila kita sampai kekurangan pangan.

Kota palu terkenal dengan panasnya, karena terletak di garis katulistiwa. Namun dibalik itu semua tenyata tingkat kesuburan tanahnya sangat luar biasa. Namun karena sebagian besar masyarakatnya belum memanfaatkanya maka banyak lahan kosong yang ditanami tanaman liar. Bahkan banyak lahan teronggok tidak terpelihara. Hal ini sangat disayangkan, padahal dengan memanfaatkan tanaman pangan di tanah yang ada di kota Palu dapat memperoleh nilai tambah yang tidak sedikit.

Sebagai contoh, letak Mapolda Sulteng yang baru di Jl Sukarno-Hatta kota Palu tadinya adalah lahan yang ditumbuhi belukar dan kaktus. Namun ternyata lahan yang ada dan masih belum dilakukan pengembangan setelah dilakukan pengolahan dengan cara yang sangat sederhana, dengan perawatan tidak ekstra dapat menghasilkan tanaman yang begitu subur.

Wakapolda Sulteng Brigjen Pol Hery Santoso SIK di waktu senggangnya mencoba mengolah lahan di belakang Mapolda Sulteng dengan dibantu oleh personil Pelayanan Markas menanam berbagai jenis tanaman buah buahan. Ternyata tanaman tersebut tumbuh begitu subur, termasuk kangkung juga begitu mempesona. Inilah bukti bahwa tanah di kota Palu begitu subur.

Kepada masyarakat kota Palu dapat mengambil teladan dari apa yang dilakukan oleh Wakapolda tersebut. Seandainya semua masyarakat sadar dan mau melakukanya maka tidak akan lagi Palu kekurangan buah buahan dan sayur sayuran. Tidak perlu lagi mendatangkan dari luar, yang pada akhirnya akan mendongkrak ekonomi masyarakat itu sendiri.(DA)