SATBRIMOB

Tingkatkan Kapasitas Kehumasan, Brimob Sulteng Gelar Pelatihan Internal

Dalam rangka memantapkan kesiapan menuju WBK dan WBBM, Satuan Brimob Polda Sulteng menggelar latihan Kehumasan bagi seluruh personil pengemban fungsi Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) dijajarannya, 08-10 Februari 2023 silam.

Dalam latihan yang digelar di Mako Satuan Brimob Polda Sulteng ini, beragam materi latihan diberikan, diantaranya materi penulisan artikel narasi, fotografi dan videografi.

Selain itu turut diundang pula Dosen tetap FISIP UNTAD Dyah Fitria Kartika Sari, S.I.Kom.,M.I.Kom sebagai pemateri Komunikasi Publik bagi 18 peserta latihan.

Dosen tetap FISIP UNTAD Dyah Fitria Kartika Sari, S.I.Kom.,M.I.Kom sebagai pemateri Komunikasi Publik pada latihan Kehumasan bagi seluruh personil pengemban fungsi Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Satbrimob Polda Sulteng

Dyah, dalam pembuka materi ajarnya menyampaikan apresiasi kepada Satbrimob Polda Sulteng yang mau membuka paradigma baru memperdalam khasanah ilmu lewat materi komunikasi Publik, dimana menurutnya, ini adalah bukti sebuah kemauan besar Brimob untuk terus meningkatkan kapasitas, terutama kemampuan berkomunikasi efektif dalam upayanya memenuhi panggilan tugas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Dansatbrimob Polda Sulteng Kombes Pol Mokhamad Alfian Hidayat, SIK. dalam amanat pembukaan latihan menyampaikan akan makna penting Hubungan Masyarakat (Humas) dalam penguatan komunikasi publik. Humas berperan dalam mendistribusikan informasi, kebijakan, dan program melalui berbagai saluran komunikasi secara cepat dan tepat, untuk terus mengimbangi arus pemberitaan di media massa serta menangkal beragam ujaran kebencian, hoax dan berita negatif di media soial. Tujuannya untuk meraih kepercayaan masyarakat.

“PID jajaran Satbrimob Polda Sulteng agar mampu tampil di depan dalam memberikan pemahaman kepada publik internal maupun eksternal, bukan saja sekadar sebagai penyedia informasi dan menumbuhkan citra positif lembaga, tapi lebih jauh PID jajaran juga berperan penting dalam membangun kepercayaan publik terhadap lembaga dan mempertahankan reputasi yang dicapai” Sampainya dalam amanat.

Tidak hanya materi kehumasan, pelatihan ini juga menghadirkan materi Etika bermedia sosial dan materi keamanan data. Keamanan data ini dianggap merupakan bagian penting dalam latihan. Dimana, menurut Kasubbagrenmin Satbrimob Polda Sulteng AKP Joko Pitoyo selaku ketua Panitia, tujuan materi keamanan data adalah menghindari potensi kerugian material, penyalahgunaan data / informasi dan tindakan kriminal bagi seluruh jajaran hingga Bhayangkari.

“Tidak hanya harus andal dalam pengolahan berita, para personil ini natinya harus menjadi ujung tombak pemahaman akan pentingnya keamanan data dan kiat-kiat pengamanannya. Mereka ini didorong untuk menggelar pelatihan maupun sosialisasi terkait etika bermedia sosial dan keamanan data di unit kerja masing-masing” ujarnya.