POLRES BANGGAI

Warga Sengketa Lahan Kebun, Bhabinkamtibmas Bantu Mediasi

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Warganya sengketa tanah kebun, Bhabinkamtibmas Polsek Kintom Bripka Haryono Kunut bantu mediasi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kamis (9/3/2023) pukul 09.00 Wita.

Pihak kepolisian sector Kintom melakukan upaya mediasi penyelesaian sengketa perbatasan tanah kebun antara dua warga yakni SB dan HZ, yang terletak di Kelurahan Mendono Kecamatan Kintom Kabupaten Banggai.

Pada kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas menyebutkan permasalahan ini sering terjadi dan sangat rentan dengan terjadinya perselisihan yang dapat menimbulkan keributan baik itu kelompok maupun perorangan.

“Pemecahan masalah sengketa lahan dilakukan dalam bentuk musyawarah untuk mufakat agar tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan,” ujarnya.

Bripka Haryono Kunut mengatakan juga bahwa dari mediasi yang dilakukan bersama pemerintah Kelurahan Mendono dan Babinsa Koramil Kintom, kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan sengketa batas lahan dengan kekeluargaan.

“Keduanya sepakat damai dengan menyepakati batas-batas lahan sesuai dengan hasil mediasi, dan selanjutnya dilakukan pematokan dilokasi,” tutup Haryono.*Humas Polres Banggai