POLRES BANGGAI

Selama Ramadhan 2023, Polres Banggai Tingkatkan Patroli Antisipasi Balapan Liar dan Gangguan Kamtibmas Lainnya

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Selama bulan suci Ramadhan 1444 hijriah/ 2023 masehi, Polres Banggai meningkatkan patroli di beberapa lokasi yang dianggap rawan kriminalitas.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisir potensi terjadinya gangguan Kamtibmas pada bulan Ramadhan, khususnya aksi balapan liar yang sangat meresahkan masyarakat.

Kasi Humas Polres Banggai Iptu Al Amin S. Muda mengungkapkan, bahwa pihaknya telah menerjunkan sejumlah personel setiap menjelang waktu berbuka puasa, selesai Tarwih ataupun selesai sahur sebagai upaya antisipasi balap liar dan gangguan kamtibmas lainnya.

“Biasanya para pemuda ini jelang buka puasa atau akrab disebut ngabuburit atau selesai Tarwih maupun usai sahur sering balap liar,” ungkapnya kepada awak media Sabtu (25/3/2023).

Ia menyebutkan, pihaknya lebih mengedepankan pola preventif atau pencegahan dengan penyuluhan, patroli dan penempatan personel pada titik dan jam rawan terjadinya balap liar.

“Ini sebagai langkah preventif untuk mencegah aksi balapan liar, menekan angka kecelakaan lalu lintas dan aksi kriminal,” tutup Iptu Haryadi.

Meski begitu, dirinya menambahkan, bila ditemukan adanya aksi balapan liar tersebut, pihaknya akan melakukan penindakan dengan tegas.

“Jika ditemukan balap liar maka nanti akan ditindak dengan melakukan tilang dan pembinaan,” pungkasnya.*Humas Polres Banggai