BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Sespusjarah Polri, Jangan sekali kali melupakan sejarah

Tribratanews, Palu – Rabu 10/05/23. Masih ingat kata-kata Presiden pertama Indonesia “Jangan sekali kali melupakan sejarah“ atau yang saat ini dikenal Jasmerah. Benar adanya apabila kita kaji secara mendalam bahwa sejarah adalah penentu untuk keberlangsungan suatu Negara. Apabila sejarah diputar balik ataupun direkayasa maka suatu bangsa akan kehilangan tujuan dari berdirinya itu sendiri.

Adagium “Sejarah ditulis oleh pemenang”, pernah di ungkapkan oleh Winston Churchill mantan perdana menteri Inggeris paling terkenal di dunia. Ungkapan itu mengandung makna bahwa orang yang menang akan menulis semua yang baik-baik, yang hebat-hebat mengenai dirinya. Segala kelemahan dan kepincangan akan ditutup rapat rapat sehingga terlihat indah sempurna karena penampakannya terlihat tanpa cacat dan cela.

Seperti dalam tubuh Polri sendiri, sangat banyak saksi saksi sejarah dan bukti bukti sejarah sudah musnah karena ketidak pedulian dari nternal itu sendiri. Untuk itu Pusjarah Polri yang dipimpin Sespusjarah Polri Kombes Kombes Pol. Bagas Uji Nugroho, SIK berkunjung ke Polda Sulteng dalam rangka menelusuri kepemimpinan mantan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis Msi yang pernah menjabat sebagai Kapolda Sulteng.

Karena kepemimpinan Polri dari sejak berdirinya harus dirunut sedemikian rupa agar generasi Polri berikutnya secara khusus dan masyarakat secara umum dapat memahami sejarah Polri secara utuh.

Tim dari Mabes Polri beberapa hari akan berada di wilayah Sulteng untuk mengetahui lebih banyak perihal kepemimpinan, kebijakan, dan hal-hal lain selama mantan Kapolri Jenderal Idham Azis selama memimpin d Sulteng. Terlebih di Sulteng memiliki historis yang unik karena ada wilayah bekas konflik horizontal.

Nantinya setelah disusun dengan berbagai pertimbagan, dengan berbagai bukti konkrit serta saksi hidup tulisan akan dijadikan pustaka di Mabes Polri. Tujuanya tentu saja memberikan edukasi kepada para penerus serta edukasi kepada khalayak umum perihal sejarah Polri secara komprehensif.(fn)