BID HUMASPOLRESPOLRESTA PALU

Launching Polisi RW di kota palu, Pesan Kapolresta: Bangun Interaksi Positif Bersama Warga

tribratanews PALU , – Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah, S.I.K., M.H.
Launching 301 orang Personil Polisi Rukun Warga (RW) untuk melaksanakan wujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif, serta meningkatkan komunikasi yang efektif antara Kepolisian dan masyarakat di setiap lingkungan, rabu (21/6/2023).

Kapolresta Kombes Pol. Barliansyah mengatakan kehadiran Polisi RW adalah merupakan Program Mabes Polri sesuai Tugas Pokok Polri berdasarkan UU No. 02 Tahun 2002 tentang Polri yaitu sebagai Pelindung, Pengayom, dan Pelayan Masyarakat.

“Polresta Palu tentunya harus mengimplementasikan dalam setiap pelaksanan tugasnya pada setiap tataran perwira maupun bintara sampai kepada seluruh lapisan masyarakat,” ucap Kombes Pol Barliansyah

Kemudian saat ini jumlah personil Polri di Polresta Palu dibandingkan dengan jumlah penduduk rasionya adalah 1 banding 631.

Artinya 1 Polri mengawasi 631 penduduk, kemudian jika dibandingkan dengan jumlah Bhabinkamtibmas 57 personil dan kelurahan yang ada di Kota palu 46 Kelurahan yang harus diawasi oleh Bhabinkamtibmas Polresta Palu

“Dalam menghadapi dinamika kambtibmas program polisi RW/lingkungan (satu polisi untuk satu lingkungan) tujuannya adalah membangun intraksi Positif yang konsisten antara polisi dan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Walikota palu diwakili Kasat Pol.PP memberikan apresiasi dan dukungan agar kehadiran Polisi RW bisa bersinergi dengan Lurah, Kades RW dan RT dalam menciptakan kamtibmas Kondusif.

“Saya mewakili Pemerintah Kota Palu mengapreasi Program yang diluncurkan Kapolresta dan kita harus dukung bersama,” jelas Kasat Pol. PP Nathan Pagasongan memberikan apresiasi dan dukungan agar kehadiran Polisi RW bisa bersinergi dengan Lurah, Kades RW dan RT dalam menciptakan kamtibmas Kondusif.

“Saya mewakili Pemerintah Kota Palu mengapreasi Program yang diluncurkan Kapolresta dan kita harus dukung bersama,” jelas Kasat Pol.PP Nathan Pagasongan