POLRES BANGGAI

Hari Bhayangkara ke 77, Kapolres Banggai Bersama Para Paguyuban Nobar Wayang Kulit Wahyu Cakraningrat

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolres Banggai AKBP Ade Nuramdani SH, SIK, MM, bersama para pejabat utama menggelar Nonton Bareng (Nobar) Wayang Kulit dengan lakon ‘Wahyu Cakraningrat’, Jumat (7/7/2023).

Nobar yang dilaksanakan di Aula Rupatama Mapolres Banggai ini dihadiri, perwakilan masing-masing Forkopimda, masyarakat pencinta Wayang Kulit (Paguyuban jawa Barat dan Paguyuban Jawa) dan para Perwira staf Polres Banggai.

Acara yang menghidupkan tradisi budaya Jawa ini merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan kekayaan seni dan kebudayaan lokal.

Para penonton dengan mengenakan pakaian jawa terlihat menonton dengan penuh kebanggaan dan semangat.

Pergelaran wayang kulit diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke 77 ini memukau penonton dengan kepiawaian dalang dalam menghidupkan tokoh-tokoh pewayangan.

Kapolres Banggai mengatakan, sangat mengapresiasi upaya pelestarian budaya yang dilakukan oleh para seniman dan dalang wayang kulit Cakraningrat.

“Melalui kegiatan ini, kita dapat mempelajari nilai-nilai moral dan sejarah yang terkandung dalam pewayangan Jawa,” kata orang pertama di Polres Banggai ini.

Tak hanya itu saja, perwira pangkat dua melati dipundaknya ini juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat melestarikan kesenian budaya lokal.

“Dengan harapan warisan budaya khususnya di Kabupaten Banggai tetap hidup dan berkembang,” harapnya.

Nobar Wayang Kulit yang diperankan utama oleh Ki Bayu Haji ini pun dilaksanakan diseluruh Polsek dan Polsubsektor jajaran Polres Banggai.*Humas Polres Banggai