POLRES BANGGAI

Kapolsek Pagimana Dampingi Tim Terpadu Meninjau dan Ambil Sampel Tanah di Desa Siuna

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kapolsek Pagimana AKP Makmur dampingi Dinas Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Kabupaten Banggai dan Tim dari Provinsi Sulawesi Tengah dalam pengambilan sample tanah di lokasi pertanian persawahan masyarakat di Desa Siuna Kecamatan Pagimana, Banggai.

Kegiatan yang diketuai oleh Kabag SDA R. Lasintata ini dihadiri pula Wakapolsek Pagimana, personil Polsek, dan sekitar 60 petani yang persawahannya terdampak akibat tambang nikel PT. Penta Darma Karsa (PDK).

AKP Makmur mengatakan, pada Senin (21/8/2023) dilakukan pengambilan sample tanah bertempat di areal perawahan Desa Siuna yang memiliki luas sekitar 60 hektar tersebut oleh tim terpadu.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Pagimana menyampaikan imbauan-imbauan kepada para masyarakat, untuk tetap menjaga kamtibmas diwilayahnya dan meyerahkan sepenuhnya kekhawatiran dan permalasahan yang ada kepada tim terpadu.

“Adapun hasilnya masih akan diteliti terlebih dahulu oleh tim ahli, sehingga kepada para warga/petani untuk bersabar menunggu hasilnya,” katanya.

”Kegiatan kami untuk memberikan pengamanan. Agar proses peninjauan lokasi dan pengambilan sample tanah yang diduga terdampak dari aktivitas tambang nikel PT. PDK bisa berjalan dengan nyaman dan lancar,” tandas Kapolsek.*Humas Polres Banggai