POLRES BANGGAI

Sempat Gagal, Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Suport Petani Rumput Laut di Tanjung Tuwis

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Luwuk Aipda Abd. Rahim Maura menyambangi salah satu warga binaanya yang berprofesi sebagai petani budidaya rumput laut, di Kelurahan Tanjung Tuwis, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Senin (21/8/2023) siang.

Dalam kunjungannya tersebut, Aipda Abd. Rahim Maura memberikan support agar budidaya rumput laut tersebut terus dikembangkan.

“Untuk sementra petani budidaya rumput laut belum melakukan penjualan, masih ditampung,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (22/8/2023) pagi.

Rahim menjelaskan, usaha para kelompok petani budidaya rumput laut ini gagal pada Desember 2022 dan Februari 2023.

“Dan mereka upaya lagi pada Juni dan alhamdulillah berhasil. Ganggang yang berada di laut itu saat ini sudah berusia 40 hari dan sudah bisa panen,” jelasnya.

Dirinya menyebutkan, saat ini kendala petani rumput laut yakni jaring untuk sebagai pagar penahan ganggang apabila terjadi hantaman ombak, juga alat pemecah ombak dan jangkar yang terbuat dari bahan besi.

“Mereka masih memerlukan bantuan seperti, jaring dan jangkar besi,” imbuhnya.

Bhabinkamtibmas menambahkan, untuk bantuan dan pembeli ini sudah dikoordinasikan dan akan ada pihak untuk membantu petani rumput laut ini.

“Nanti pihak yang membantu dalam waktu dekat akan meninjau langsung lokasi budidaya rumput laut ini,” tutupnya.*Humas Polres Banggai