GeneralLatestNewsPOLRES TOUNA

Personil Polsek Tojo Berjibaku Padamkan Api di Tiga Desa

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Persitiwa kebakaran lahan dan kebun yang terjadi di Desa Korondoda, Desa Tayawa dan Desa Tongku, Kecamatan Tojo, Kabupaten Touna, Senin (18/09/23).

Adanya musibah tersebut Personil Polsek Tojo langsung meluncur ke lokasi untuk memastikan sekaligus membantu warga memadamkan api di tiga Desa tersebut.

Kapolres Touna, AKBP S. Sophian, SIK, MH melalui Kapolsek Tojo AKP Murlan Tarifuddin mengungkapkan kebakaran terjadi sebelumnya di Dusun Gandalari, Desa Korondoda, Kecamatan Tojo sekitar pukul 10.00 Wita.

“Pada saat kebakaran tersebut, Personil Polsek Tojo yang melaksanakan Patroli Dialogis, namun di tengah perjalanan Personil melihat kepulan asap yang tebal dan menanyakan kepada warga tentang pemilik kebun yang terbakar kemudian memanggil pemilik kebun agar sama-sama melakukan pemadaman api yang membakar lahan perkebunan tersebut,” ungkap AKP Murlan Tarifuddin.

“Setelah hampir satu jam Personil Polsek Tojo bersama warga setempat berjibakuh dengan si jago merah dan akhirnya dengan alat seadanya Personil Polsek Tojo bekerja sama dengan warga setempat dapat mengalahkan si jago merah yang ganas itu,” ucap Perwira Berpangkat Tiga Balak tersebut.

Namun, kata Kapolsek hanya beberapa menit Personil Polsek Tojo tiba di kantor kembali mendapat informasi dari warga bahwa di Padang Mas Desa Tongku yang jaraknya kurang lebih sekitar 40 km dari Polsek Tojo telah terjadi kebakaran lahan.

“Atas informasi tersebut tiga Personil Polsek Tojo Regu Cadangan yang standby di Polsek, yakni Aipda Melky, Bripka Akmal dan Bripka Putu Radiasa bersama tim Karhutla dari BPBD Kabupaten Touna Posko Tojo dengan sigapnya dan tak mengenal lelah meluncur ke TKP,” ujar Kapolsek.

Lanjut kata Kapolsek, beberapa menit kemudian, masuk lagi informasi bahwa di Desa Tayawa juga terjadi kebakaran lahan perkebunan milik warga Desa Tayawa, Personil Polsek Tojo yang melaksanakan tugas piket mako saat itu, yakni Aiptub Muh. Ardi, Aipda Kasman, Bripka Kasman dan Bripka Wahud Muharram bersama Kades Tayawa meluncur ke TKP dan langsung dengan penuh semangat yang luar biasa memadamkan titik api yang telah menyebar melalap rumput yang menguning akibat cuaca panas (kemarau).

“Hanya sekitar 30 menit si jago merah yang mengamuk di lahan perkebunan milik warga desa Tayawa tersebut dapat di taklukkan oleh empat orang personil Polsek Tojo di bantu oleh Kades Tayawa dan pemilik kebun yang bernama Aco Ambo Tuo,” lanjutnya.

Kapolsek menambahkan, berbeda di dua lokasi kejadian kebakaran di Desa Korondoda dan Desa Tayawa tidak butuh waktu terlalu lama, si jago merah dapat di taklukkan, namun di bukit Padang Mas Desa Tongku si jago merah bertahan selama dua jam baru bisa di taklukkan.

“Alhamdulillah, kejadian kebakaran lahan perkebunan milik warga di tiga lokasi kejadian yakni, di Desa Korondoda, Desa Tayawa dan Desa Tongku Kecamatan Tojo dapat di padamkan sebelum meluas ke lahan perkebunan warga yang lain,” tambahnya.

Hal ini tentunya, kata Kapolsek berkat gerak cepat oleh Personil Polsek Tojo bersama tim BPBD ke tempat kejadian untuk memadamkan api tersebut, sehingga cepat dapat di padamkan dan tidak meluas atau merembet ke tempat lain.

“Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada anggotanya yang telah bergerak cepat dan juga kepada tim Karhutla dari BPBD kabupaten Touna Posko Tojo serta warga masyarakat yang telah membantu dan bekerja sama memadamkan api di tiga lokasi, sehingga dapat di padamkan, itu bukti nyata kerja sama yang baik, semoga kedepan dapat  di tingkatkan,” tukas Kapolsek.(Ichal/Humas)