POLRES TOUNA

Kapolsek Tojo Turun Langsung ke TKP Kebakaran Lahan Kebun Kelapa Milik Warga Desa Tayawa

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kebakaran melahap lahan kebun kelapa warga di Desa Tayawa, Kecamatan Tojo, Kabupaten Touna, Sabtu (30/09/23) sekitar pukul 06.00 Wita.

Mendengar kejadian tersebut, Personil Polsek Tojo yang di pimpin Kapolsek Tojo AKP Murlan Tarifuddin dengan dukung peralatan infentaris Tim Ops Manggala Agni segera ke TKP.

Kapolres Touna, AKBP S. Sophian, SIK, MH melalui Kapolsek AKP Murlan Tarifuddin membenarkan kejadian lahan kebun kelapa milik warga Desa Tayawa tersebut.

“Pada saat mendatangi TKP kami menemukan bahwa Pondok Milik Lk. Alman T. telah habis terbakar dan kelapa milik Lk. Alman T, Lk. Bakir, dan Pr. Erma Susana dalam posisi terbakar,” kata AKP Murlan.

Dia mengungkapkan berdasarkan keterangan pemilk Pondok Lk. Alman T bahwa pada saat kebakaran yang berada di dalam pondok yakni Lk. Pite yang merupakan adik kandung dari Lk. Alman T.

“Kemudian sekitar pukul 01.00 wita Lk. Pite menyalakan api untuk memasak nasi, namun pada saat itu Lk. Pite tertidur, sehingga pondok Milik Lk. Alman terbakar dan merambat luas ke kebun kelapa sehingga kelapa milik Lk. Alman T. Lk. Bakir Pamasatu, dan Pr. Erma susana ikut terbakar,” ungkap Kapolsek.

Dia menambahkan, akibat kebakaran tersebut kebun Lk. Alman T Desa Tayawa kurang lebih 2 (Dua) Hektar dan kerugian yang di alami Lk. Alman. T yakni 1 buah pondok, 100 pohon Kelapa.

“Sementara Lk. Bakir Pamasu 30 (tiga puluh) pohon kelapa, dan Pr. Erma Susana mengalami kerugian 8 (delapan) pohon kelapa  total kerugian sekitar Rp. 10.000.000 (Sepuluh juta rupiah),” tambah Kapolsek.

Menyikapi kejadian tersebut, Kapolsek menghimbau kepada warga agar tidak melakukan pembakaran baik lahan kebun maupun lahan pekarangan pada musim Panas.*Humas*