LatestNewsPOLRES TOUNA

Waka Polres Touna Hadiri Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2023

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Waka Polres Touna, Kompol Ulil Rahim, S.Kom, MH menghadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023, di Pondok Pesantren Alfatah Ampana, Kecamatan Ampana Kota, Kabupaten Touna, Minggu (22/10/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Moh. Syarif, MAP mewakili Bupati Touna dan dihadiri Ketua MUI Kabupaten Touna H. Sidik Laki, Ketua Pengadilan Ampana Muh. Syarif, SH.I,  Kepala Kemenag Touna, H. Abd Muluk Lanonci, S.Ag,  Para Kiyai Ponpes dan Ustadz Pondok Pesantren Alfatah Ampana.

Dalam amanat tertulis Mentri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas yang di bacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Moh. Syarif menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo melalui keputusan presiden Nomor 22 tahun 2015 dalam menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari Santri.

“Penetapan 22 Oktober berwujud pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan sejak ditetapkan pada tahun 2015,” ucap Asisten III.

Asisten IIi mengatakan setiap tahunnya selalu rutin kita menyelenggarakan peringatan hari santri dengan tema yang berbeda-beda.

“Untuk tahun 2023 ini peringatan hari santri mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”, tema kali ini memiliki makna yang mendalam kata jihad di dalam islam bukanlah sebatas pertempuran fisik melainkan perjuangan secara keseluruhan yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman memperdalam ilmu dan memperbaiki diri,” katanya.

Dia mengajak agar amerenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa, sebagai santri kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari.

“Santri harus menjadi contoh yang baik di dalam masyarakat menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan toleransi dan persaudaraan tentunya kita juga harus mengingat betapa besarnya peran para santri di dalam sejarah perjuangan bangsa ini, mereka terlibat di dalam berbagai peristiwa penting kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

“Semoga peringatan hari santri tahun ini menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama, dan bangsa, Amin-amin ya Robbal alamin,” tutupnya.(Humas)