LatestNewsPOLRES BANGGAI

Kasat Binmas Polres Banggai Hadiri Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami Oleh BMKG Palu

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Bertempat di Hotel Santika Luwuk telah dilaksanakan Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami Oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Palu dengan tema “Mewujudkan Masyarakat Kota Luwuk Tanggap Gempabumi dan Tangguh Tsunami”. Rabu (25/10/2023).

Dalam kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Banggai Drs. Furqanuddin Masulili, MM dan turut dihadiri Kasat Binmas Polres Banggai IPTU Deky Wahyudi, SH, MH, Anggota DPR RI dari Komisi V Anwar Hafid, serta Kepala Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar Irwan Slamet.

Selain itu para Peserta diikuti dari kalangan TNI-POLRI, BPBD, BASARNAS, Komunitas Tanggap Bencana, dan berbagai lapisan Masyarakat maupun Jurnalis.

Kasat Binmas IPTU Deky menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Stasiun Geofisika Kelas I Palu, dikarenakan Kabupaten Banggai pernah merasakan Gempa Bumi yang sangat Dasyat yang terjadi pada tahun 2000 lalu.

Sehingga Potensi terjadinya Bencana Alam akan terjadi dikemudian hari disebabkan Wilayah Banggai dilalui pada Sesar aktif. Olehnya, kita perlu meningkatkan kesiap siagaan terhadap datangnya Bencana Alam berupa Gempabumi yang dapat menimbulkan terjadinya Tsunami.

“Dengan adanya kegiatan selama dua hari mulai 25 sampai 26 Oktober 2023 tersebut, kita perlu melaksanakan sosialisasi didaerah pesisir pantai yang rawan terjadi tsunami serta menyediakan sarana dan prasarana pendukung terhadap alat-alat deteksi bencana alam,” ujar Deky.*Humas Polres Banggai