LatestNewsPOLRESPOLRES MOROWALI

Polres Morowali Lakukan Pengawalan dan Pengamanan Logistik Pemilu 2024

Tribratanews, Morowali – Kepolisian Resort (Polres) Morowali melakukan pengawalan dan pengamanan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Kamis 26/10/2023, di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Morowali, Kompleks KTM Desa Bahomohoni, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kapolres Morowali AKBP Suprianto, SIK., MH melalui Kasi Humas Ipda Abd Hamid, SH menuturkan dalam upaya pendistribusian logistik Pemilu ini, personil Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Morowali melakukan pengawalan, sedangkan Satuan Sabhara Polres Morowali melakukan pengamanan.

Logistik Pemilu jenis kotak suara tiba di lokasi tersebut, diangkut menggunakan truk jenis Dump Truk Hino berwarna merah dengan nomor Polisi DN 9504 GY.

Kedatangan logistik Pemilu tersebut disaksikan oleh sejumlah pejabat dan pihak terkait, antara lain Aliamin, SE (Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Morowali), Adirosali Sujasman, S.Sos., M.Si. (Sekretaris KPUD Kabupaten Morowali), Muh Aras Laote, SE (Kepala Subbagian Hukum, Pencegahan, dan Hubungan Masyarakat Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Morowali), Staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Morowali dan Staf Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Morowali.

Logistik Pemilu jenis kotak suara ini berasal dari PT. CIPTA Multi Buana Perkasa, yang berlokasi di Pergudangan Sentra Kosambi Blok G nomor 10-16, Kosambi Timur, Kota Tangerang. Logistik tersebut diangkut dari Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, menuju KPU Kabupaten Morowali.

Proses pembongkaran dan serah terima logistik Pemilu jenis kotak suara berlangsung pada pukul 08.00 Wita. Berdasarkan tanda terima barang, jumlah total logistik Pemilu 2024 jenis kotak suara yang telah tiba di KPU Kabupaten Morowali adalah sebanyak 2.573 buah (515 boks).

Pukul 08.15 Wita, proses pembongkaran kotak suara dari truk dan penyimpanannya dalam aula Kantor KPU Kabupaten Morowali dilakukan oleh staf sekretariat KPUD Kabupaten Morowali.

Selama proses ini, ada beberapa pejabat yang turut menyaksikan, termasuk Ketua Bawaslu Kabupaten Morowali, Anggota KPUD Kabupaten Morowali, Sekretaris KPUD Kabupaten Morowali, Kepala Subbagian Hukum, Pencegahan, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Morowali, serta Kasubag KUL KPUD Kabupaten Morowali.

Seluruh kotak suara diperiksa untuk memastikan jumlah dan kondisinya. Dari pemeriksaan ini, diketahui bahwa jumlah kotak suara dalam kondisi baik sebanyak 2.553 buah (511 boks), sementara terdapat 30 buah (6 boks) kotak suara dalam kondisi rusak. Jumlah logistik kotak suara yang telah diserahkan sesuai dengan kebutuhan KPUD Kabupaten Morowali, dengan 10 buah (2 boks) sebagai cadangan.

“Kegiatan serah terima logistik Pemilu jenis kotak suara berakhir pukul 10.30 Wita dalam keadaan aman dan lancar,” pungkasnya.