POLRESPOLRES BANGGAI

Kapolsek Pagimana Pimpin Pengamanan Aksi Damai Petani Bersatu Desa Siuna

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Untuk memastikan kondisi aman, tertib, dan lancar. Polsek Pagimana melakukan pengamanan aksi damai oleh Masyarakat Petani Bersatu Desa Siuna di Kantor PT. Penta Dharma Karsa, Kamis (16/11/2023) pukul 08.30 Wita.

Dalam aksi damai yang dipimpin oleh Dr. Hasrin Rahim, SH, MH, MM, MBA, MA tersebut masa membawa peranti lunak seperti spanduk dan peranti keras berupa satu unit sound system serta roda empat dan roa dua bejumlah 14 unit.

Aksi unras damai oleh sekitar 50 orang ini meminta keseriusan kesepakatan dari PT. PDK yang telah dimediasi Pemda Banggai melalui Pokja pada 27 Oktober 2023 lalu belum direalisasikan.

“Mereka menuntut normalisasi sungai siuna 1,5 KM dan Optimalisasi serta Kompensasi lahan pertanian sawah sekitar 241 Ha yang terdampak limbah tambang nikel akibat bocornya sedimenpon,” ujar Kapolsek Pagimana AKP Makmur, SH.

Kapolsek Pagimana yang memimpin pengamanan menginstruksikan kepada personilnya dalam menjalankan tugas PAM tetap humanis.

Ia juga memerintahkan agar memperhatikan keselamatan masing-masing saat unjuk rasa berlangsung.

“Kami akan mendampingi dan mengawal aksi damai ini dan kami mengimbau kepada para pengunjuk rasa agar dalam menyampaikan aspirasinya dengan tertib dan tidak rusuh serta bisa berkoordinasi dengan kami secara baik,” himbaunya.

Setelah menyampaikan aspirasinya, pukul 10.45 masa aksi membubarkan diri dan kembali ke rumahnya masing-masing, sambil menunggu keputusan perusahaan lebih lanjut.

Adapun personil Polsek Pagimana yang terlibat pengamanan terdiri dari Bhabinkamtibmas dan dibantu dengan anggota TNI dari Koramil Pagimana.*Humas Polres Banggai