LatestNewsPOLRES BANGGAI

Kasi Humas Polres Banggai Beberkan Cara Identifikasi Hoaks Dimedsos

Banggai – Hoax atau berita bohong tidak akan menyebar bila tidak ada media, utamanya media sosial. Hoax biasa menyebar karena kurangnya tanggung jawab dalam bermedia sosial.

“Mengapa hoax berkembang, faktor utama penyebabnya kecenderungan masyarakat kurang bertanggungjawab dalam bermedia sosial atau kalau saya bilang tidak bisa mengendalikan jempolnya,” kata Kasi Humas Polres Banggai IPTU Al Amin S. Muda, Senin (27/11/2023).

Kasi Humas menyampaikan beberapa poin penting terkait penanganan penyebaran berita hoax di media sosial.

Dirinya menekankan bahwa dalam menanggapi penyebaran berita hoax di berbagai media sosial, masyarakat harus melihat sumber berita tersebut apakah terpercaya atau tidak sehingga tidak salah dalam mengambil langkah dalam penanganannya.

“Penyebaran hoax biasanya berawal dari pesan berantai yang dikirimkan berkali-kali kemudian diteruskan baik secara pribadi maupun melalui grup WhatsApp sehingga tersebar di masyarakat dan menggiring berbagai opini yang ada,” tuturnya.

Lebih lanjut IPTU Amin juga membeberkan biasanya headline terlalu sensasional atau berlebihan. Masyarakat juga bisa merenungkan mengapa berita itu dibuat dan segera mengetahui sumber valid foto atau gambar.

“Apabila ada sesuatu yang harus Polres Banggai sosialisasikan atau untuk diketahui masyarakat, akan kami sebar melalui satu pintu atau situs-situs resmi milik Humas Polres Banggai seperti Facebook, Instagram, maupun Tiktok Humas Polres Banggai,” bebernya.

Ia menyarankan, jika masyarakat masih mendapati berita atau isu yang tidak jelas kebenarannya, untuk segera bertanya kepada Kepolisian, baik Polsek terdekat atau Bhabinkamtibmas yang ada di wilayahnya sehingga hal tersebut tidak lagi tersebar ke masyarakat lainnya.

“Selain itu, di masa politik saat ini, penting bagi kita bersama-sama menciptakan situasi yang aman dan kondusif dengan tidak mudah percaya berita-berita yang tersebar diluar sana tanpa mengetahui kebenarannya,” tutup Kasi Humas.*Humas Polres Banggai