BID HUMASLatestNewsPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Polisi Mediasi Masalah Limbah Peternakan Ayam Potong di Sisipan, Batui

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Personil Polsek Batui, hadiri kegiatan mediasi permasalahan warga di dusun I Kelurahan Sisipan Kecamatan Batui, Banggai, Kamis (9/5/2024) pukul 14.00 Wita.

Mediasi ini dilaksanakan karena waarga setempat sangat keberatan dengan keberadaan peternakan ayam potong milik M, K, RU, dan RA warga Kelurahan Bakung, Batui yang menimbulkan bau busuk (limbah) yang sangat menyengat dan banyak lalat.

Akibatnya, masyarakat sempat menutup akses jalan masuk menuju kandang ayam potong tersebut.

Hadir dalam mediasi tersebut, Camat Batui dan aparat Kelurahan Sisipan, Babinsa, pemilik peternakan dan masyarakat setempat.

Kapolsek Batui, AKP Sudirman menyampaikan bahwa perlunya persamaan persepsi dari kedua belah pihak, dalam hidup bermasyarakat selalu mengedepankan sanitasi bersih lingkungan dan utamakan hubungan baik antar sesama.

“Agar diselesaikan secara musyawarah dan perlu adanya komunikasi yang baik antara kedua belah pihak,”ujarnya.

Hasil musyawarah mediasi disepakati bahwa memberi jeda waktu selama 2 bulan untuk pemilik kendang memasang waring (jaring) diarea kendang masing-masing.

Pemerintah akan mengundang pemilik kandang serta mitra penyedia dengan melibatkan dinas terkait untuk dilakukan pertemuan lanjutan.

Kegiatan selesai musyawarah mediasi warga Sisipan Batui terkait pencemaran lingkungan yang ditimbulkan adanya peternakan ayam potong berlangsung aman. Pintu palang yang sempat diblokir telah dibuka serta dapat dilalui kembali.*HumasPolresBangga