BID HUMASGeneralLatestNews

Polda Sulteng Gelar Pencucian Pataka Wira Dharma Brata

Palu, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi memimpin langsung tradisi pencucian Pataka menyambut Hari Bhayangkara ke 76, di Aula Rupatama Polda Sulteng, Rabu (22/06/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol Hery Santoso, S.I.K.,M.H., Irwasda, Kombes Pol Asep Ahdiatna, S.I.K., M.H dan seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto, S.I.K mengungkapkan bahwa dalam menyambut Hari Bhayangkara ke 76 Polda Sulteng menggelar upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata dengan melakukan upacara tradisi pencucian Pataka Polda Sulteng “Wira Dharma Brata”.

Kabid Humas menjelaskan, bahwa sejarah singkat Polda Sulteng terbentuk, berdasarkan keputusan Panglima ABRI Nomor: Kep.06.V/1994 yang dikuatkan dengan Skep Kapolri Nomor: Skep/01/II/1995 Tanggal 28 Februari 1995.

Kemudian Polda Sulteng diresmikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs Banurusman pada tanggal 29 Maret 1995, sekaligus peresmian lambang Polda Sulteng yaitu Pataka Polda Sulteng dengan nama “Wira Dharma Brata” yang bermakna Sosok Kesatria Polri yang memiliki keterampilan, ketangkasan dan kecerdasan dalam menegakkan aturan serta menjunjung tinggi kebenaran, sebagai perwujudan perilaku pelindung, pengayom dan pelayan Masyarakat.

Pencucian pataka rutin tiap tahun dilakukan dalam menyambut hari Bhayangkara setiap tanggal 1 Juli.

“Ini dilakukan untuk mensucikan nilai-nilai luhur dan juga sebagai semangat Polri dalam berkomitmen meraih kepercayaan masyarakat demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” pungkas. (fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *