BID HUMASSATKER

Antisipasi Tindak Kriminalitas, Dit Samapta Polda Sulteng Gelar Patroli Bersepeda

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Selain melakukan patroli dialogis dengan menggunakan kendaraan roda dua (motor) Dit Samapta Polda Sulteng juga mengerahkan personilnya untuk melaksanakan patroli dialogis dengan menggunakan sepeda, dengan tujuan efektivitas dalam menyusuri jalanan sempit dan gang – gang yang kecil untuk mencegah ganngguan kamtibmas, Senin (08/08/2022).

Dengan sasaran tempat keramaian, pusat rekreasi masyarakat, tempat perbelanjaan dan objek vital lainnya, tim patroli yang dipimpin Aipda Novitus Taviona melakukan kegiatan sambang dengan memberikan pesan -pesan kamtibmas kepada warga yang di jumpai.

“Hari ini kami menggelar patroli bersepeda dengan sasaran pusat keramaian, pusat rekreasi masyarakat, tempat perbelanjaan, perkantoran dan objek vital lainnya,”Ujar Aipda Novitus.

Dijelaskan oleh Aipda Novitus, berpatroli sepeda merupakan salah satu upaya Polri dalam menjaga stabilitas kamtibmas khususnya di wilayah Kota Palu, ini merupakan bentuk pelayanan prima kepada masyarakat dengan melakukan patroli bersepeda secara humanis di segala penjuru dengan menyusur hingga gang-gang sempit.

“Patroli sepeda bersifat fleksibel karena bisa menjangkau berbagai daerah dengan mudah, mulai dari daerah perkotaan, pusat perbelanjaan hingga perkampungan dan gang sempit,” Ungkapnya.

Patroli bersepeda juga bertujuan untuk menciptakan kondusivitas wilayah dengan meminimalisir aksi kriminalitas, dalam hal ini petugas aktif bersosialisasi dengan masyarakat untuk merespons keluhan-keluhan soal Kamtibmas.

“Selain meminimalisir niat dan kesempatan pelaku kejahatan juga untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang sedang beraktivitas, selain memantau langsung keamanan, petugas juga berdialog dengan masyarakat yang ditemui sehingga ada komunikasi timbal balik sebagai media menyerap aspirasi dan harapan masyarakat terhadap kepolisian,”Pungkasnya.(DA)