BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Peringatan Cuaca Ekstrim di Sulteng, Masyarakat Waspada

Tribratanews, Palu – Selasa 10/01/23. Seperti dikutip dari BMKG Sulawesi Tengah bahwa Sulteng berada di wilayah NON ZOM, maksudnya adalah bahwa wilayah Sulawesi Tengah tidak memiliki batas waktu yang jelas. Dimana tidak diketahui kapan waktu kemarau dan waktu hujan. Dari hal tersebut sering terjadi di wilayah lain musim penghujan tapi di Sulteng masih kemarau atau sebaliknya.

Untuk hari ini diperkirakan hujan terjadi di beberapa wilayah Sulawesi Tengah, tidak merata. Cuaca yang tidak menentu ini menuntut masyarakat selalu berhati hati dalam menempuh perjalanan agar tidak terjadi hambatan sebelum mencapai tujuan. Dan untuk kota Palu sendiri yang biasanya suhu diatas 29 derajat untuk 24 jam terakhir suhu di bawah 26 derajat bahkan tengah malam mencapai suhu terendah yaitu 21 derajat celsius.

Dit Lantas Polda Sulteng melalui Subdit Kamsel mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar berhati hati. Karena wilayah Sulteng secara geografis banyak perbukitan dan tanahnya labil maka sering terjadi tanah longsor di beberapa titik. Kondisi ini sangat membahayakan para pengguna transportasi karena jalanan licin oleh lumpur dan hambatan tanah longsor yang menutupi sebagian jalan, belum lagi banjir yang sewaktu waktu bisa saja terjadi.

Kompol. H. Abubakar Djafar, S.H., M.M., M.H sebagai Kasubdit Kamsel Dit Lantas Polda Sulteng terus mengingatkan agar para pengguna transportasi untuk tetap mamatuhi aturan lalu lintas. Hal tersebut sangat penting mengingat keselamatan adalah hal yang paling penting. Kecelakaan lalu lintas rumusnya adalah didahului oleh pelanggaran.(fn)