BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Mangge Tonggu, ingatkan warga Kaili tidak mudah terprovokasi

Tribratanews, Palu – Selasa 17/01/23. Saat ini eranya sudah sangat canggih, tidak ada lagi yang dapat ditutup tutupi. Bahkan saat ini kita sudah tidak lagi ada batasan baik waktu dan tempat. Sepakbola di Vietnam dapat disaksikan di mana saja, di perahu, di pondok tepi pantai di kebun di WC di kamar mandi dan lainya, tidak perlu lagi kita ke Vietnam untuk menonton.

Namun di balik dunia yang sudah terbuka saat ini, ada sisi negatif yang harus kita sikapi bersama sama. Dimana sering dan acapkali kita dapat melihat di medsos baik berupa foto dan video hal hal yang sebenarnya kurang pantas dilihat. Termasuk banyaknya kebencian antar sesama dipertontonkan dimedsos. Bahkan yang lebih parah berita bohong sering berseliweran di medsos. Adu domba, provokasi menghiasi dunia maya, sehingga apabila kita tidak berfikir dan bertindak cerdas dapat terbawa oleh suasana tersebut.

Budi atau yang sering dikenal dengan MANGGE TONGGU, tokoh pemuda Kaili yang berdomisili di kelurahan Tondo Mantikulore kota Palu pada satu kesempatan mengingatkan kepada warga Kaili, agar menggunakan akal sehat dalam bermedia sosial. Jangan sampe karena berita bohong dan provokasi dari medsos tanah Kaili yang kita cintai menjadi ajang persengketaan, kesalah pahaman bahkan jangan sampai terjadi kekerasan yang tidak masuk akal.

Menurutnya Sulteng saat ini sedang mengalami kemajuan yang luar biasa baik di sektor tambang, pertanian dan hasil laut yang melimpah. Kondisi ini harus dijaga agar perkembangan tersebut dapat mensejahterakan masyarakat Sulteng. Mangge Tonggu mengajak agar masyarakat Palu khususnya dan Sulteng pada umumnya untuk berpartisipasi memajukan Sulteng dengan cara menjaga keamanan di wilayahnya masing masing. Karena dengan kondisi aman maka para investor dan wisatawan akan tertarik untuk datang ke bumi Tadulako. Efeknya pasti ekonomi Sulteng merangkak naik dan masyarakat semakin sejahtera.

Dalam kesempatan bertemu dengan Tribratanews Polda Sulteng, Mangge Tonggu meminta agar aparat Polri terus bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga agar Sulteng tetap dalam keadaan kondusif. Harapanya agar masyarakat merasa aman dan nyaman dalam beraktifitas baik siang maupun malam.(ab)