BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Polda Sulteng Matangkan Operasi Keselamatan Tinombala, Wakapolda Buka Latpraops

Tribratanews, Palu – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi yang diwakili Wakapolda, Brigjen Pol Hery Santoso, S.I.K, M.H membuka secara resmi pelaksanaan Latihan Pra Operasi (Latpraops) Keselamatan Tinombala 2023, Rabu 1 Pebruari 2023 pagi, di aula Rupatama Polda Sulteng.

Dengan mengangkat tema “Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah” itu Latpraops dilaksanakan secara daring yang juga dihadiri oleh para pejabat utama Polda Sulteng, para Kapolres dan peserta operasi Keselamatan Tinombala 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda membacakan kata sambutan Kapolda Sulteng, antara lain mengatakan bahwa pelaksanaan pelatihan pra operasi itu merupakan salah satu bagian proses manajerial yang harus dilaksanakan dalam setiap operasi.

“Dimana hal ini untuk menyamakan pola pikir dan cara bertindak serta untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dari seluruh personel yang terlibat dalam operasi,” ucap Wakapolda.

Wakapolda juga mengatakan pelatihan pra operasi itu dilakukan, agar dalam penugasan dilapangan nanti, para personel benar-benar mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya.

“Tujuan dari pelaksanaan operasi keselamatan, adalah meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Sulawesi Tengah,” pesannya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto mengungkapkan bahwa Operasi Keselamatan Tinombala 2023 akan digelar Polda Sulteng dan seluruh jajaran selama 14 hari terhitung mulai tanggal 7 hingga 20 Februari 2023 mendatang.

Dimana dalam pelaksanaannya, ungkap Kabid Humas, Kepolisian akan lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif, memberikan teguran secara humanis dan penegakkan hukum mengedepankan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Untuk mematangkan pelaksanaan operasi Keselamatan Tinombala 2023, latpraops akan digelar selama tiga hari dan hari ini pemberian materi teori oleh narasumber yang ahli dibidangnya, hari kedua dilanjutkan praktek lapangan dan hari ketiga evaluasi kegiatan latpraops sekaligus penutupan,” ujarnya.

Sesuai tujuan, operasi itu adalah meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat serta menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas, sehingga diimbau masyarakat untuk mematuhi aturan berlalu lintas terlebih dijalur yang terpantau ETLE.

“Partisipasi pengendara kendaraan dalam disiplin berlalu lintas akan mendukung suksesnya pelaksanaan Operasi Keselamatan Tinombala 2023, kami yakin masyarakat Sulteng bisa tertib berlalu lintas,” pungkasnya.(fn)