BID HUMASPOLRESPOLRES BANGGAISATKER

Polisi Kawal dan Amankan Prosesi Ngaben Massal di Masama

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Aparat Polsek Lamala mengamankan dan mengawal upacara Ngaben massal di Pekuburan Umum Desa Kospa Karya Kecamatan Masama Kabupaten Banggai, Kamis, (9/2/2023).

Pengawalan dan pengamanan ini dilakukan sebagai wujud nyata pelayanan Polri kepada masyarakat serta demi memelihara serta menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Sebelumnya kami telah berkoordinasi dengan pihak panitia untuk memastikan rangkaian Ngaben Massal dapat berjalan dengan memperhatikan protocol Kesehatan,” ungkap Kapolsek Lamala AKP Muhammad Zulfikar, SH.

Pengamanan yang dipimpin oleh Kapolsubsektor Masama IPTU Lukman ini untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat yang sedang melaksanakan ngaben, sehingga dapat berjalan aman dan arus lalu lintas lancar.

“Kegiatan hari ini adalah Ngepugen atau pemanggilan roh yang dipandu oleh Mangku I Wayan Murdika. Kegiatan Ngaben massal akan terus berlanjut mulai hari ini sampai Jumat (10/2/2023),” ujar mantan Kapolsek Balantak ini.

“Selain itu, dengan keberadaan polisi dilokasi upacara untuk mempererat terjalinanya silahturahmi dan komunikasi yang baik dengan masyarakat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 37 orang yang akan di Ngaben Massal. Dan jumlah masyarakat yang menghadiri prosesi upacara Ngeplugen kurang lebih 350 orang.*Humas Polres Banggai