BID HUMASGeneralLatestNewsSATKER

Patroli perairan memberikan rasa aman bagi para pelaut

Tribratanews, Palu – Rabu 08/03/23. Sulawesi Tengah wilayahnya dikelilingi oleh laut baik sebelah barat yangt berbatasan dengan selat Makassar dan wilayah timur meliputi Teluk Tomini termasuk laut banda di wilayah paling timur yang berbatasan dengan propinsi Maluku. Dengan demikian aktifitas kelautan mendominasi dihampir setiap kabupaten kecuali kabupaten Sigi yang tidak memiliki perairan.

Tentu aktifitas para nelayan perlu menjadi perhatian khusus bagi Polda Sulteng dalam hal keamananya. Selain menjamin keamanan Polda Sulteng dalam hal ini Dit Polairud juga berusaha untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di perairan. Sudah banyak yang telah dilakukan seperti penindakan kepada oknum yang merusak habitat laut maupun pencurian sumber daya laut.

Seperti dilakukan patroli perairan pada Selasa 7 Maret 2023 di wilayah laut kecamatan Sindue kabupaten Donggala. Aparat Polair menyambangi para nelayan tradisional maupun yang menggunakan alat penangkapan semi modern. Petugas selalu mengingatkan kepada para nelayan untuk tetap memperhatikan keselamatan dalam melaut. Salah satunya agar para nelayan menggunakan peralatan navigasi agar bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan mereka dapat dengan segera memberitahukan atau melaporkan posisi sesuai kordinat.

Selain alat navigasi petugas Polair jugamengingatkan agar antar nelayan untuk saling berkomunikasi dan kerjasama agar tidak terjadi kesalah pahaman saat melaut. Disamping itu peralatan keselamatan juga tidak boleh dipandang remeh, semua tidak tahu kapan terjadi musibah. Dan apabila terjadi musibah para nelayan dapat menggunakan peralatan keselamatan untuk menghindari jatuhnya korban.(DA)