BID HUMASNews

Jembatan Buluri Palu Jalur Trans Sulawesi Amblas, Polisi Terapkan Rekayasa Arus Lalulintas

PALU – Jembatan Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu amblas pasca dihantam banjir, Jumat (7/4/2023) sore.

Tidak hanya itu, tiang penyangga jembatan Jalur Trans Sulawesi itu juga mengalami keretakan.

Sehingga tak bisa dilalui kendaraan roda empat , roda enam maupun kendaraan roda dua.

Kapolres Palu, Kombes Pol.Barliansyah, S.I.K., M.H. mengatakan, pihaknya sudah melakukan fungsi pengamanan di lokasi sekitar jembatan amblas tersebut.

Pengamanan dilakukan jajaran Polsek Palu Barat dan satlantas polresta palu dipimpin oleh Kapolsek Palu Barat AKP Rustang

“Untuk diketahui, Jembatan Buluri ini memiliki panjang kurang lebih 100 meter, usianya yang sudah 50 tahunan mengalami keretakkan sisi tengah jembatan,” kata Kapolresta Palu.

Adapun tindakan yang dilakukan pihak Kepolisian dalam hal ini Polresta Palu adalah Menghubungi pihak PT ABM , PT Parhan, PT Meriba dan PT SKU untuk dukungan alat berat dan timbunan untuk membuat akses jalan alternatif.

Hingga Jumat malam pun alat berat terus bekerja membuat 2 akses jalan alternatif untuk bisa dilewati oleh masyarakat yang hendak kepalu maupun arah donggala.

Serta menghubungi pihak Dinas Pekerjaan Umum, Balai Wilayah sungai, Balai Jalan Provinsi, Dinas PU Kota Palu.

“Hingga saat ini personel Polsek Palu barat, Dit lantas, Satlantas Resta Palu, melaksanakan giat pengaturan rekayasa Jalur Jalan Malonda Kelurahan Buluri, sementara berlangsung dan situasi aman,” tambah Kapolresta Palu.

“Satu jalur arternatif saat ini sdh dilalui dan sudah mengurai antrian kendaraan,” tandasnya. (ab)