POLRES TOUNA

Sambut Hari Bhayangkara Ke-77, Polres Touna Gelar Bakti Kesehatan Donor Darah

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Dalam Rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023, Polres Touna menggelar Bakti Kesehatan Donor Darah, Rabu (14/06/2023). Bakti Kesehatan yang berlangsung di Gedung Aula Endra Dharmalaksana Polres Touna ini terlaksana atas kerjasama Tim UTD RSUD Ampana dengan Sidokkes Polres Touna.

Setiap memperingati Hari Bhayangkara, Kepolisian di berbagai daerah selalu mengelar kegiatan sosial, salah satunya adalah kegiatan donor darah. Bahkan kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Touna, AKBP S. Sophian, SIK, MH saat melakukan Donor Darah dalam memperingati Hari Bhayangkara ke 77.

Kegiatan Donor Darah ini, diikuti Kapolres Touna, AKBP S. Sophian, SIK, MH, PJU dan Personil Polres Touna serta Bhayangkari Cabang Touna.

AKBP S. Sophian mengatakan, saat kita mendonorkan darah, banyak manfaat yang di dapati oleh pendonor dianataranya adalah, dapat mencegah penyakit Kanker, dapat mencegah penyakit Jantung, dapat menurunkan berat badan, dapat membantu mendeteksi suatu penyakit, serta dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah

“Jadi tidak ada lagi alasan bagi kita untuk enggan melakukan donor darah,” kata orang nomor satu di Polres Toun aitu.

Lanjut kata, AKBP S. Sophian, donor darah dimulai dengan terlebih dahulu melakukan pengisian formulir data diri serta pengecekan kondisi kesehatan fisik terhadap seluruh personil yang akan melaksanakan donor darah.

“Jadi sebelum melakukan donor, Personil akan dilakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh petugas medis, seperti kondisi fisik dalam keadaan sehat, usia, suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar hemoglobin (Hb) sesuai standar yang ditetapkan,” jelasnya.

Kapolres menambahkan, selain dalam rangka menyambut hari Bhayangkara, kegiatan bakti kesehatan dengan donor darah itu juga bertujuan untuk menanamkan kepada Personil Polres Touna untuk dapat memberikan sumbangsih dalam hal kebutuhan pasokan darah, pasalnya, darah merupakan bagian penting dari manusia.

“Kami berharap kegiatan donor darah dapat membantu ketersediaan darah di RSUD Ampana, dengan demikian, diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” tutupnya.*Humas*