POLRES TOUNA

Kapolres Touna Gelar Jumat Curhat Jelang Hari Bhayangkara ke-77

Touna, Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Menjelang Hari Bhayangkara ke-77, Kapolres Touna, AKBP S. Sophian, SIK, MH melaksanakan kegiatan Jumat Curhat sekaligus silatulrahmi dengan elemen masyarakat di Kelurahan Bonerato, Kecamatan Ampana Kota, Kabupaten Touna, Jumat (16/06/23).

Dalam kegiatan ini, Kapolres Touna, AKBP S. Sophian, SIK, MH didampingi Kapolsek Ampana Kota AKP Jimyarto Anasim, SH, Kasat Binmas AKP Ngatimin, Kasat Reskrim Iptu Ridwan Umar, SH, Kasat Lantas Iptu Andriansyah Arthadana, S.Tr.K, KBO Intel Ipda Imran Paloa serta dihadiri Lurah Bonerato Mashuri Toripalu, SE, Ketua RT / RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat Kelurahan Bonerato.

Dalam sambutannya, Kapolres Touna, AKBP S. Sophian menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Kelurahan dan para tokoh – tokoh sudah memiliki kesempatan untuk hadir dalam kegiatan ini.

“Kedatangan kami disini untuk bersilaturahmi dengan masyarakat untuk mendekatkan diri pihak kepolisian dengan masyarakat,” ucap AKBP S. Sophian.

Kapolres mengatakan, bahwa keberadaan Polri di bidang Harkamtibmas, kami juga bagian dari pemerintahan yakni membantu pemerintah dalam hal Karkamtibmas.

“Sebagaimana Kabagharkam Polri telah meresmikan Polisi RW untuk membantu Bhabinkamtibmas, namun untuk di Touna Polisi RW Mobile saja, karena keterbatasan Personel, sehingga kami butuh dukungan seluruh elemen masyarakat,” kata Kapolres.

Menurut Kapolres, dengan keterbatasan SDM Personil Polres Touna menjadi terbatas dalam memantau seluruh wilayah Touna, sehingga membutuhkan kehadiran masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan.

“Kedepan kita dihadapkan oleh Pemilu maupun Pilkada tahun 2024, jangan sampai dengan adanya pesta demokrasi tersebut kita terpecah belah,” pesannya.

“Jangan mudah terpancing dengan adanya isu-isu yang berkembang diluar yang belum jelas kebenarannya/hoax yang dapat memicu terjadinya kegaduhan ditengah masyarakat,” pintanya.

Sementara itu, Lurah Bonerato Mashuri Toripalu dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolres dan semua tim jajarannya sudah bersilaturahmi sekaligus mendengarkan curhatan masyarakat Kelurahan Bonerato.

Kegiatan hari ini sangat bermanfaat untuk keamanan dan ketertiban di wilayah Kelurahan Ratolindo, karena kami Pemerintah Kelurahan dan masyarakat Bonerato berharap Kamtibmas tetap aman dan kondusif,” ucapnya.

Dalam kesempatan Jumat Curhat ini, Kapolres bersama jajarannya menerima keluhan tokoh agama/imam Masjid dan tokoh pemuda/karang taruna terkait minuman keras dan penggunaan knalpot bogar.

Menanggapi keluhan tersebut, Kapolres Touna menyampaikan bahwa kita ini satu kesatuan yang utuh, disini ada pemerintahan dan didalam pelaksanaan kegiatan ada tupoksi masing-masing.

“Terlait dengan kamtibmas itu memang tugas dan tanggung Jawab Polri yang mana dalam pelaksanaan kegiatan ada namanya preentiv, preventiv dan represif,” ucap Kapolres.

Kapolres mengatakan, terkait dengan miras, mulailah dari masyarakat itu sendiri dengan dilakukan pengawasan oleh orang tua terhadap anak ataupun orang yang dituakan sebagai bentuk upaya pencegahan.

“Jangan hanya miras yang kita awasi tetapi Narkoba sangat perlu kita awasi bersama baik dari pengguna maupun pengedar karena dampak yang ditimbulkan yang sangat berbahaya,” katanya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dengan adanya karang Taruna di wilayah Kelurahan Bonerato, karena dengan adanya organisasi tersebut bisa tersalurkan kegiatan-kegiatan positif,” ujar Kapolres.

Kapolres menyatakan, bukan hanya dengan knalpot bogar terlihat juga masyarakat yang berlalu lalang dijalan utama masih banyak yang tidak menggunakan helm.

“Oleh karena itu kita telah berupaya melakukan himbauan dan setelah dilakukan penindakan, kami berharap masyarakat support terhadap kami dengan tidak membenarkan pelanggaran lalulintas yang dilakukan oleh masyarakat,” tukasnya.*Humas*