POLRES BANGGAI

Bhabinkamtibmas Polsek Pagimana dan Babinsa Tinjau Lokasi Karhutla di Toipan Banggai

Tribratanews.sulteng.polri.go.id – Bhabinkamtibmas Polsek Pagimana Bripka M Fadjri Hinelo bersama Bhabinsa Koptu Nasrun meninjau langsung lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhuta) di Desa Toipan menuju Desa Siuna, Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai, Sabtu (2/9/2023) sekitar pukul 18.30 Wita.

Peristiwa ini diduga terjadi akibat puntung rokok yamg masih menyala dibuang oleh pengendara di sekitar lokasi.

“Puntung rokok yang masih menyala tertiup angin dan memicu rumput kering yang ada di sepanjang jalan di karena saat ini musim kemarau,” ungkap Kapolsek Pagimana AKP Makmur kepada wartawan, Minggu (3/9/2023) pagi.

Menurut keterangan seorang saksi warga Desa Toipan, titik api pertama kali diperkirakan muncul sekitar pukul 16.00 Wita.

“Karena sore hari, jadi titik api ini tidak terlalu nampak dan nanti malam hari baru terlihat jelas,” tutur Makmur.

Saksi menjelaskan, api cepat menyala karena rumput padang yang mudah terbakar dan tidak adanya peralatan pemadam kebakaran.

“Luas lahan tersebut diperkirakan lebih 5 hektar,” jelasnya.

Makmur menyebutkan, untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran ini pihaknya akan berkoodinasi dengan pemerintah kecamatan guna penanganan lebih lanjut.

“Karhutla dapat menimbulkan berbagai dampak negatif, baik bagi lingkungan, ekonomi, maupun kesehatan manusia,” pungkasnya.*Humas Polres Banggai